Polres Toba Gelas Ops Lilin 2020

TOBA – Kepolisian Resort (Polres) Toba gelar apel pasukan dalam rangka kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin Toba 2020, di halaman Mapolres, Senin (21/12/2020).

“Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2020, kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) di Tengah Pandemi Covid-19,” ujar Kapolres Toba, AKBP Akala Fikta Jaya.

Kapolres mengatakan, Operasi lilin 2020 akan dilaksanakan selama 15 hari, mulai hari ini Senin tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021.

Ia menambahkan Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin Toba 2020, dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemkab, dan Mitra kamtibmas lainnya.

Potensi kerawanan harus diantisipasi, tambah Kapolres, yaitu aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalu lintas, kecelakaan transportasi, sweeping ormas, aksi penolakan peribadatan, kenaikan harga sembako, konflik sosial dan tawuran, bencana alam, konvoi dan balap liar, kebakaran akibat petasan, dan pesta narkoba ataupun minuman keras.

“Fokus pengamanan adalah gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal serta pusat keramaian lainnya yang sangat berpotensi menimbulkan gangguan dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19,” ujar Kapolres Toba.

Operasi lilin tahun ini, kata Kapolres, ditekankan pada perayaan natal dan tahun baru agar tidak menimbulkan klaster terbaru penyebaran covid-19, katanya.

Kapolres mengakui Operasi lilin Toba 2020 kali ini berbeda situasinya dengan sebelumnya karena pada saat ini Pandemi Virus Corona Covid-19 melanda seluruh dunia termasuk Indonesia.

Untuk itu Kapolres berharap selain menjaga keamanan dan kelancaran arus lonjakan mudik kita juga harus menerapkan Protokoler Kesehatan untuk mencegah penyebaran klaster-klaster baru penyebaran Virus Corona Covid-19 di Kabupaten Toba.

“Semoga Allah SWT, Tuhan yang maha Esa memberikan melimpahkan Rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua dan dapat terhindar dari Covid-19. Akhir kata saya sebagai Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya mengucapkan “Selamat Hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.”

Apel Gelar Pasukan ditandai dengan penyematan pita tanda Operasi Lilin Toba 2020 dimulai.

Setelah apel gelar pasukan dilanjutkan dengan pengecekan kendaraan dinas baik roda empat maupun roda dua sebagai sarana prasarana pendukung operasi.

Turut hadir,Wakapolres Toba Kompol J Panjaitan SH, M.H, Para Pamen Polres Toba, Dan Subpom Balige Kapten Patar Sibuea, Kepala BNPB Dr Pontas Batubara, Kasatpol PP Brostito Sianipar, Kadishub Toba Tito Siahaan, Pleton Kompi 125 Simbisa, Pleton Pol PP Kabupaten Toba, Pleton Dishub Kabupaten Toba, Pleton BNPB Kabupaten Toba, Peton Damkar Kabupaten Toba, Pelton Pers Polres Toba. ( red )