PMI Medan Terima Bantuan Mobil Jenazah dan Depot Disinfektan

JELAJAHNEWS.ID, MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah (Ijeck) yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan menerima bantuan mobil jenazah dan depot disinfektan dari PT Askrida dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut.

Bantuan untuk Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Acara serah terima bantuan tersebut dilaksanakan di Kantor Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Medan, Rabu (27/1/2021).

Ijeck pun sangat mengapresiasi dukungan dan bantuan yang diberikan oleh PT Askrida dan BPBD Sumut tersebut. Menurutnya, bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi operasional PMI di Kota Medan dan Sumut. Apalagi selama ini, keberadaan ambulans dan mobil jenazah yang tersedia di PMI mulai menjadi pilihan masyarakat, khususnya yang kurang mampu dalam penyediaan kendaraan.

“PMI sudah melaksanaan pelayanan mobil jenazah dan ambulans gratis untuk masyarakat, khususnya di Kota Medan. Karena banyak yang meminta, terutama bagi pasien (keluarga pasien) yang kurang mampu dan tidak punya biaya untuk penggunaan ambulans dari rumah sakit (RS),” ujar Ijeck.

Dengan bantuan dari PT Askrida berupa satu unit mobil jenazah ukuran besar, kata Ijeck, maka armada untuk melayani masyarakat yang membutuhkan semakin bertambah. Langkah serupa pun diharapkan bisa diikuti oleh pihak lainnya dalam rangka membantu masyarakat.

Begitu juga dengan depot disinfektan bantuan dari BPBD Sumut, yang diletakkan di tempat-tempat umum, menurutnya akan memudahkan masyarakat untuk membersihkan atau mencuci tangan sebagaimana yang dianjurkan dalam protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Ijeck juga mengatakan, pelayanan donor darah sebagai peranan utama dari lembaga tersebut terus dilakukan semaksimal mungkin. Mengingat saat ini, kondisi pandemi covid-19 membuat kegiatan utama mereka menjadi terbatas, karena tidak diperbolehkan mengumpulkan masa atau kerumunan.

“Memang sejak awal pandemi, PMI kesulitan dalam mendapatkan donor darah. Karena biasanya, digelar donor darah di mall, plaza, atau rumah ibadah. Tetapi karena pembatasan kegiatan di masa Covid-19 ini, kita meminta kepada berbagai lembaga untuk tetap melaksanakan donor darah dengan protokol kesehatan,” jelasnya.

Guna meningkatkan penerimaan donor darah, lanjut Ijeck, PMI pun mengedepankan aksi jemput bola. Sehingga instansi atau lembaga yang berkenan memberi sumbangan, diminta menyiapkan pendonor dari internal, agar tim PMI mendatang tempat tersebut.

“Untuk itu kita lakukan jemput bola ke berbagai instansi. Kita sampaikan itu agar tim PMI (transfusi darah) mendatangai tempat tersebut,” sebut Ijeck.

Sementara, Direktur Pemasaran PT Askrida, Bunyamin menyampaikan, bantuan mobil jenazah tersebut sebagai wujud kepedulian perusahaan BUMN kepada masyarakat melalui PMI. Pihaknya berharap bantuan tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat. (IP)