Plt Wali Kota Tanjungbalai Buka FGD Verifikasi Rencana Perangkat Daerah 2021 – 2026

T.BALAI – Plt Wali Kota Tanjungbalai H.Waris Thalib membuka kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Verifikasi Penyusunan Dokumen Perencanaan Perangkat Daerah yang dilaksanakan oleh Bappeda Kota Tanjungbalai di Aula Sutrisno Hadi, Kantor Wali Kota Tanjungbalai, Senin (14/6/2021).

Dalam sambutannya, Plt Wali Kota H.Waris Thalib menyampaikan setiap kegiatan harus ada perencanaan awal agar berjalan dengan baik. Perencanaan sambungnya merupakan faktor penting dalam meningkatkan pembangunan terutama pembangunan penyelenggaraan pemerintah dalam menggunakan sumber daya, dimana suatu proses menentukan masa depan dalam pengalokasian sumber daya dimaksud.

Menurutnya, kegiatan FGD ini penting dalam meningkatkan kualitas dokumen perencanaan perangkat daerah dalam menyusun dokumen perencanaan yang harus disinkronkan dengan provinsi dan nasional.

“Saya berharap seluruh OPD benar benar mendesain dan membuat program perencanaan yang terarah, terukur dan tepat sasaran sehingga hasilnya nanti dapat dirasakan masyarakat,” ucap Waris Thalib.

Kemudian beliau juga menyampaikan kegiatan ini juga salah satu upaya menyusun dokumen RENSTRA Kota Tanjungbalai 2021- 2026 dengan akuntabilitas guna meningkatkan SAKIP.

“Saya juga berharap para OPD untuk terus berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian terkait dan Pemerintah Propinsi dalam menyelaraskan program ditiap OPD pada pelaksanaannya,” ungkapnya.

Selanjutnya beliau juga mengatakan adapun tujuan kegiatan ini untuk memberikan bantuan kepada perangkat daerah, dalam penyusunan dokumen perencanaan guna meningkatkan kualitas dokumen rencana daerah, dengan lingkup pembangunan manusia dimana peserta terdiri dari bagian perencanan perangkat daerah dilingkungan Pemkot Tanjungbalai.

Kegiatan ini juga dihadiri narasumber dari Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pedesaan (PWD) Universitas Sumatera Utara (USU) dan Bappeda Provsu.(Kurniawan)