Plt Wali Kota Ajak Jemaat GPdI Wujudkan Kerukunan Tanjungbalai Religius

T.BALAI – Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tanjungbalai H. Waris Thalib, S.Ag., M.M. menghadiri acara perayaan 100 tahun Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Kota Tanjungbalai yang terlaksana dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) di GPdI Suara Nafiri Jalan Ciremai Lk V, Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar, Tanjungbalai, Senin (28/06/2021).

Dalam sambutannya Plt Walikota Tanjungbalai sangat mengapresiasi kegiatan keagamaan seperti ini. “Kerukunan umat beragama di Tanjungbalai saat ini sudah sangat kondusif, dengan mengajak seluruh elemen berkontribusi untuk mewujudkan Tanjungbalai sebagai kota yang Religius kedepannya sesuai visi misi Bersih,” kata Waris Thalib.

Ia melanjutkan, segala potensi gejolak sosial terutama yang berkaitan dengan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan) atau konflik antar umat agama patut diwaspadai, maka perlu membangun suatu tempat seperti wisata religi yang didalamnya terdapat seluruh agama di Indonesia, sehingga kondusifitas dan keharmonisan antar umat beragama di Kota Tanjungbalai dapat terus terjaga dengan baik.

“Ayo bersama kita tingkatkan kerukunan dan jadikan Tanjungbalai sebagai kota religius yang penuh kedamaian. Sebagai umat yang beragama mari kita berdoa, agar pandemi Covid-19 dihilangkan dari bumi Pertiwi ini, ” pungkas H. Waris di akhir sambutannya.

Sementara Kakan Kemenag, H. Al Ahyu mengatakan, peran serta gereja sangat diharapkan dalam mendorong pemerintah untuk mewujudkan programnya terlebih peningkatan keharmonisan, kedamaian dan kebersamaan di tengah masyarakat.

“Kami sangat mengapresiasi dan mendukung setiap gereja yang turut ambil bagian dalam program pemerintah. Oleh karena itu, kami selaku perpanjangan tangan Kementerian Agama, siap turun dalam rangka mewujudkan kedamaian, kerukunan di setiap elemen keagamaan yang ada di Tanjungbalai ini, “ucapnya.

Pada perayaan HUT GPdI ke-1 abad ini, mari kita bergandengan tangan untuk tetap menjaga tali persaudaraan kita antar lintas agama khususnya di Tanjungbalai, harap H. Al Ahyu.

Hadir dalam perayaan itu, Ketua Majelis Daerah GPdI Sumut, Pdt Samuel Gozaly beserta para gembala dan hamba Tuhan dari majelis wilayah se- Asahan Tanjungbalai (Astab), Sekretaris BKUK Robinhot Silaen, Ketua GAMKI Rinto Sihombing, Ketua PBB Francus Sihombing, Ketua PWKI St Patarina Sinaga, jemaat serta undangan lainnya.

Usai foto bersama, acara diakhiri penyerahan cenderamata oleh gembala jemaat Pdt. Benyamin Lena kepada Plt.Walikota dan Kakan Kemenag.(kurniawan)