Pipa Air Minum Putus Total, Dihantam Banjir Kiriman PTPN IV Unit Bah Birong Ulu

SIMALUNGUN – Curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan banjir kiriman dari PTPN IV Unit Bah Birong Ulu hingga menghantam pipa air minum di Nagori Pinang Ratus putus total.

Charles Rumapea warga setempat kepada awak media ini menyampaikan putusnya pipa air minum tersebut terjadi pada Rabu (8/7/2020) sekira jam 15.00 Wib.

Charles menjelaskan bahwa kondisi saat itu hujan turun cukup deras sehingga debit air meluap dan kayu besar yang terbawa arus air menghantam pipa air minum hingga putus, ungkap Charles dilokasi, Kamis (9/7/2020) sekira jam 10.00 Wib

Jika hujan turun debit air pasti meluap hingga ke badan jembatan sungai ini, luapan air itu kiriman dari PTPN IV Unit Bah Birong Ulu. Sejak perkebunan itu di tanami kelapa sawit setiap musim hujan pasti debit air meluap dan mengakibatkan kerusakan seperti pipa air minum dan jembatan ini juga sudah hancur, ungkapnya.

Senada warga lainnya H Nainggolan mengatakan jika kondisi jembatan penghubung tersebut sudah 3 tahun rusak namun tak kunjung diperbaiki oleh Pemerintah Kabupaten Simalungun.”Bahkan anggota DPRD Simalungin sudah pernah meninjau namun hingga saat ini belum juga diperbaiki,”ujarnya.

Kami berharap kepada Pemerintah Kabupaten Simalungun melalui dinas terkait agar segera memperbaiki jembatan penghubung ini karena memang sangat vital dilalui masyarakat terutama dalam mengangkut hasil pertanian kami,”pintanya. (fis)