Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Forkopimda Gelar Nobar

JELAJAHNEWS.ID, KARO – Bupati Karo Terkelin Brahmana, bersama Ketua DPRD Karo, Iriani Beru Tarigan, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono, Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli Eko hadyanto, memperingati Hari kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020 secara sederhana lewat Nobar (nonton bareng) yang disiarkan langsung melalui televisi nasional.

Menurut Terkelin Brahmana kepada wartawan, Kamis (01/10/2020), dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila 2020 ini, Pemkab Karo tidak dapat melaksanakan upacara secara resmi mengingat  bencana non alam Covid-19, masih terus terjadi.

“Dengan Nobar ini, bukan mengurangi semangat dan makna dalam pelaksanaan peringatan hari Kesaktian Pancasila, sebab sejarah mencatat Pancasila adalah dasar negara yang tak boleh diubah oleh siapapun,” tandasnya.

Terkelin juga berpesan kepada masyarakat agar memahami sejarah bangsa dan bagaimana Pancasila sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan negara.

“Apalagi Pancasila pada hakekatnya merupakan suatu jalan pikiran dan dasar falsafah hidup bangsa Indonesia, yang terdiri dari  kebhinekaan. Sehingga dengan tema upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2020, yakni “Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila” menjadi tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia.

Sementara itu,  Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto S.Sos dan Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono menyebutkan,  dalam rumusan the founding father Indonesia telah sepakat menjadikan Pancasila sebagai pemersatu dari karagaman suku, adat dan budaya sebagaimana tercantum dalam Bhineka Tunggal Ika.

“Maka sudah menjadi tugas kita bersama untuk menjaga Pancasila. Tidak sekadar menghafal tetapi juga mengamalkan dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.(Jai)