Penanganan Covid-19, Pemkab Karo Butuh Fasilitas Tambahan

JELAJAHNEWS.ID, KARO – Ketua Satgas (Satuan Tugas) Penanganan Covid-19 Nasional Letjen TNI Doni Monardo menggelar rakor (rapat koordinasi) dengan jajaran Satgas Penanganan Covid-19 se-Sumatera Utara.

Hal itu guna menekan jumlah pasien terpapar Virus Corona, dan juga menambah tenaga medis serta laboratorium yang lengkap.

Rakor yang digelar secara virtual itu dihadiri Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH bersama Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hardianto SSos, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono SIK SH, Kadis Kesehatan drg Irna Safrina Meliala, Direktur RSUD dr Arjuna Wijaya SpP, dan Plt BPBD Karo Natanael Peranginangin, Kamis (20/8/2020), di Kantor Bupati Karo.

Doni Monardo bahkan mengigatkan pemkab/pemko agar tetap memfokuskan penanganan Covid-19 secara maksimal setiap harinya. Walaupun adanya keterbatasan tenaga pada setiap hari libur, jangan sampai proses uji spesimen terhambat dan tidak optimal.

Menanggapi tersebut, Terkelin Brahmana kepada wartawan memaparkan, bahwa Tanah Karo dalam penanganan Covid-19 terus berjalan. Walaupun tiap hari diprediksi bertambah pasien yang positif.

“Saat ini, yang ter-update positif Covid-19 ada 89 orang. Angka ini cukup menjadi perhatian serius bagi Pemkab Karo. Sehingga butuh keseriusan berbagai lapisan lintas sektoral. Betapa pentingnya mencegah penyebaran Virus Covid-19, dengan memakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan,” ujar Terkelin.

Namun demikian, katanya, program Pemkab Karo ke depan telah disampaikan ke pemerintah pusat melalui dinas terkait. Yakni agar diberikan fasilitas PCR. Sehingga hasil pemeriksaan melalui swab tidak lagi dikirim ke Medan, karena hasilnya lama keluar.

“Jadi apa yang ditekankan oleh Ketua Satgas Penanganan Covid-19, dalam mengendalikan dan menekan angka kenaikan Covid-19, kita cukup apresiasi. Dan diharapkan usulan daerah ke pusat terkait alat-alat medis dapat segera direalisasi,” tandasnya.

Sementara Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli Eko Hardianto dan Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono SIK SH menyatakan sepakat akan mendukung segala kebijakan pemerintah pusat yang akan dijalankan oleh Pemkab Karo dalam menekan penyebaran Covid-19. (Jai)