oleh

Pemprovsu Distribusikan Vaksin Sinovac ke Kabupaten/Kota, Mebidang Yang Pertama Terima Vaksin

JELAJAHNEWS.ID – MEDAN, Jelang pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Sumut, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) pun langsung melakukan pendistribusian vaksin sinovac ke Kabupaten/Kota yang ada di Sumut.

Kepala Seksi (Kasi) Kefarmasian Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumut, Nelly Murni mengatakan, pendistribusian vaksin covid ini dilakukan mulai hari ini, Rabu (13/1/2021). Dimana untuk pendistribusian awal yang dilakukan ialah ke Kota Medan, Kota Binjai, dan Kabupaten Deliserdang (Mebidang).

“Untuk hari ini distribusi vaksin covid dilakukan untuk tiga Kabupaten/Kota, yakni Medan, Binjai, dan Deliserdang,” ungkapnya.

Dari data yang dimiliki Dinkes Sumut, kuota vaksin yang distribusikan ke tiga Kabupaten/Kota itu berbeda-beda. Dimana Kota Medan mendapatkan jatah kuota terbanyak dari 2 Kabupaten/Kota lainnya, yakni sebanyak 20.000 vial. Sedangkan kuota untuk Kabupaten Deliserdang ialah sebanyak 9.060 vial dan Kota Binjai sebanyak 5.000 vial.

Terpisah, Kabid Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit di Dinkes Medan, Mutia Nimpar yang dikonfirmasi usai Dinkes Medan menerima distribusi vaksin dari Pemprovsu mengatakan, 20.000 vial vaksin sinovac yang diterima Dinkes Medan sebagai tahap awal ini akan disimpan terlebih dahulu.

“20.000 vial vaksin yang sudah tiba ini, selanjutnya kita simpan dulu di gudang kita,” kata Mutia

Lebih jauh dikatakannya, setelah penyimpanan vaksin sinovac yang diterima, pihak Dinkes Medan selanjutnya akan melakukan koordinasi terkait dengan pencanangan dan ditribusi pengunaannya. Setelah itu, paparnya, Dinkes akan mendistribusikan ke 20.000 vial vaksin sinovac tersebut kesejumlah puskesmas yang ada.

“Karena tahap awal inikan untuk tenaga kesehatan (Nakes), maka kita prioritas dulu ke faskes-faskes kita,” sebutnya semabri mengatakan bahwa Dinkes Medan tidak memusatkan proses vaksinasi pada satu tempat melainkan langsung ke puaskesmas yang ada di wilayah Kota Medan. (IP)

Berita Terkait