oleh

Pemko Padangsidimpuan Bagikan KIP Ke Siswa SD dan SMP

P.SIDIMPUAN – Pemerintah Kota Padangsidimpuan (Pemko) memberikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) secara simbolis teruntuk siswa SD hingga siswa SMP.

Adapun KIP yang dibagikan Pemko Psp kepada 6.788 untuk siswa SD & 3.327 untuk siswa SMP dalam hal ini diterimakan langsung oleh siswa bertempat di aula kantor walikota Psp, Selasa (24/8/2021).

Dalam pemberian KIP, Wako Irsan berpesan agar kartu ini digunakan sesuai peruntukannya. “Gunakan Kartu Indonesia Pintar sesuai peruntukannya yang berkaitan dengan kebutuhan pendidikan,” harap  Walikota dalam sambutannya.

Sambung Walkot Psp, Pemberian KIP merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan akses dan layanan pendidikan kepada siswa yang berasal dari keluarga dengan ekonomi kurang mampu, agar terus mendapatkan pelayanan pendidikan hingga pendidikan menengah, ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan M.Lufti mengatakan, KIP direncanakan akan dibagikan kepada siswa SD dan SMP sejumlah 10.115 siswa, jelasnya.

Dikatakan Lufti, Program Indonesia Pintar (PIP) oleh pemerintah pusat diwujudkan dengan distribusi KIP di semua daerah di Indonesia. Dalam PIP tersebut, setiap anak pemegang KIP akan mendapatkan bantuan Rp450.000 per anak per tahun untuk sisaa SD. Sedangkan untuk siswa SMP mendapatkan Rp750.000 per tahun.

Bantuan untuk siswa tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi siswa sehingga bantuan langsung diberikan pada siswa, tidak melalui sekolah. Untuk penyaluran bantuan tersebut, pemerintah bekerjasama dengan BRI.

Usai acara pemberian KIP, salah seorang orang siswa SMP menyampaikan rasa senangnya sebagai salah satu penerima manfaat PIP. Dia merasakan, dana yang diberikan ini sangat membantu memenuhi kebutuhan sekolah. “Saya akan gunakan bantuan ini untuk membelikan peralatan sekolah yang sudah mulai rusak seperti tas,” katanya.

Turut hadir Wakil Walikota Ir. Arwin Siregar, Asisten I Iswan Nagabe Lubis, Kaban Bapelitbang Drs. M. Jusar Nasution, Kadis Kominfo Islahuddin & Kadis Pariwisata Ali Hotma. (Irul Daulay)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait