Pemkab Tapsel Gelar Koordinasi Cegah Karhutla

JELAJAHNEWS.ID, TAPSEL – Pemkab Tapsel Gelar Rapat Kordinasi Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Aula Pratidina Mapolres Tapsel, Jalan Sisingamangaraja Kota Padangsidimpuan, Jum’at (19/3/2021).

Rakor dengan tetap mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes) Pemerintah,dihadiri Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) diwakili Asisten I Tapsel, Hamdan Zen Harahap,SH, Kapolres Tapsel, AKBP Roman Smaradhana Elhaj,SH,SIK,MH, Danyon Brimob Detacemen C Tapsel, Kalak BPBD Tapsel H. Ilham Suhardi,SH, Kasatpol PP Tapsel, Zulkifli Harahap, para Kapolsek, Danramil dan Camat se-Tapsel.

Bupati Tapsel diwakili Asisten I Setdakab Tapsel, Hamdan Zen Harahap,SH mengataka, terkait penanganan bencana disamping membentuk sukarelawan disetiap Kecamatan, untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla.

Pemkab Tapsel juga aktif melakukan sosialisasi bahaya kebakaran kepada masyarakat serta melakukan sosialisasi dan memberikan penyuluhan kepada warga di Kab Tapsel untuk antisipasi bencana khususnya kebakaran yang sering terjadi, ujarnya.

Dandim 0212/TS, Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing,SIP dikesempatan menyebutkan, bahwa mengingat sebentar lagi akan memasuki musim kemarau yang diprediksi akan berlangsung pada awal bulan April, sehingga perlu upaya kita bersama dalam rangka melakukan pencegahannya.

Mari bersama-sama mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran pada musim kemarau nanti. Saya berharap agar tahun ini tidak terjadi musim kemarau yang berkepanjangan, sehingga mudah untuk kita mengatasinya, Harapnya.

”Kita harus tanggap terhadap titik api sekecil apapun karena apabila api sudah membesar maka akan sangat sulit untuk dipadamkan, Begitu juga dampak kerugian ekonomi akibat dari karhutla,” Ungkap Dandim.

Kapolres Tapsel, AKBP Roman Smaradhana Elhaj mengucapkan terima kasih kepada para peserta Rakor yang hadir dalam pertemuan tersebut dalam rangka antisipasi Karhutla dan bencana alam di wilayah hukum Polres Tapsel.

Dan dengan kegiatan ini dapat menjadi sarana evaluasi dan koordinasi, khususnya terkait dengan pencegahan dan penanganan Karhutla serta melakukan tindakan pencegahan sebelum hal tersebut terjadi diwilayah kita, sehingga apa yang kita harapkan dapat berguna bagi pembangunan Nasional dan perlindungan terhadap hutan dimasa yang akan datang, Ucapnya.

Diharapkan para Camat agar membuat kegiatan preventif di wilayah masing-masing seperti membuat spanduk pencegahan pembakaran lahan dan kebersigan lingkungan, harapnya. (Irul Daulay)