Pemkab Karo Terima Keberhasilan Raih Opini WTP

JELAJAHNEWS.ID, KARO – Pemkab Karo menerima piagam penghargaan dari Menkeu (Menteri Keuangan) RI Sri Mulyani Indrawati atas keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan TA 2019 dengan capaian opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung Kepala Kanwil DJPb (Direktorat Jenderal Perbendaharaan) Provinsi Sumut Drs Tiarta Sebayang kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana dalam rangka kunjungan kerja asistensi dan pembinaan anggaran daerah Kabupaten Karo, Selasa (13/10/2020) di aula Kantor Bupati Karo.

Piagam penghargaan yang ditandatangani Menkeu RI terkait “Opini WTP” yang dicapai, telah memenuhi syarat serta ketentuan sesuai hasil pemeriksaan dari BPK RI.

Tiarta Sebayang juga menyebutkan, Menkeu RI memberikan penghargaan kepada Pemkab Karo, karena dianggap sudah dapat mengelola keuangan daerahnya dengan baik, dalam pengelolaan, pelaporan maupun pertanggung jawabannya.

Bupati Karo Terkelin Brahmana menyebutkan, Pemkab Karo menyampaikan rasa bangga dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Menkeu melalui Kanwil DJPb Provinsi Sumut atas piagam penghargaan yang telah diberikan dalam capaian opini WTP untuk tahun 2019.

Bupati Karo juga menyampaikan, terus melaksanakan evaluasi pelaksanaan anggaran setiap triwulan terhadap progress pelaksanan anggaran baik disisi pendapatan maupun belanja daerah serta identifikasi permasalahan dalam pelaksanaanya.

“Selain itu, kita juga melakukan penilaian kinerja anggaran masing-masing OPD dengan memperhatikan aspek disiplin fiscal, progress penyediaan dana kegiatan, orientasi/focus realisasi belanja dan kepatuhan pelaporan serta akselerasi belanja,” papar Bupati Karo.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara ( KPPN) Sidikalang, Nova Juliana Sianturi, Staf Ahli Bupati Karo Agustin Pandia, Kepala BPKPAD Kabupaten Karo Anderiasta Tarigan, Inspektur Kabupaten Karo Philimon Brahmana, SH serta beberapa pimpinan OPD dan ASN Pemkab Karo.(Jai)