Pemkab Karo Siapkan Prokes Pilkada Mendatang

KAROPilkada Serentak di Kabupaten Karo siap untuk dilaksanakan. Hal itu di katakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) saat menggelar rapat koordinasi pemantapan pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak 2020 bersama dengan 270 kepala daerah se-Indonesia secara virtual.

Kegiatan itu dihadiri Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH didampingi Sekda Drs Kamperas Terkelin Purba, Plt Asisten I Pemerintahan Dapit Trimei Sinulingga, Kesbang Pol Tetap Ginting, Kadis Kominfo Jonson Tarigan dan Kabag Otda Robinson Brahmana. Berlangsung, Rabu (24/6/2020), di Ruang Command Center Kantor Bupati Kabanjahe.

Menurut Terkelin dalam menyikapi pemantapan pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak yang dimotori oleh kemendagri bersama dengan KPU (Komisi Pemilihan Umum) terkait kesiapan Karo dalam menyiapkan protokol kesehatan, pada prinsipnya Pemkab bersama KPUD Karo sudah siap.

“Protokol kesehatan merupakan, suatu program keselamatan penyelenggara pemilihan umum. Dan masyarakat harus tetap mentaatinya demi kesehatan kita bersama,” kata Terkelin.

Pada intinya, apa yang ditekankan oleh Kemendagri, terkait pelaksanaan tahapan Pilkada, siap untuk dijalankan. Termasuk pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang sempat tertunda, segera dilakukan dengan mengacu protokol kesehatan.

Terkelin mengatakan, Tim GTPP (Gugus Tugas Percepatan Penanganan) Covid-19 terus dilibatkan untuk sosialisasi bagi penyelenggara Pilkada. Hal itu guna mempertajam protokol kesehatan yang disusun KPU dalam tahapan Pilkada Serentak 2020.

Sementara Sekda Drs Kamperas Terkelin Purba menyatakan, akan segera berkoordinasi dengan KPUD dan Bawaslu Karo. Dan diharapkan kepada Plh Ketua GTPP Covid-19 Ir Martin Sitepu supaya menyusun perencanaan setiap tahapan mengenai protokol kesehatan.

Pada prinsipnya, Pilkada Karo yang akan digelar sesuai jadwal, diharapkan mampu menjadi ‘pilot project’, bahwa seluruh persiapan sudah matang dan rampung. Termasuk penyiapan protokol kesehatan setiap pelaksanaan program. (Jai)