Pemkab Karo Selenggarakan Rakerja Persiapan RKPD 2020

JELAJAHNEWS.ID,KARO – Bupati Karo Terkelin Brahmana ikuti rapat Forum Lintas Perangkat Daerah dalam rangka persiapan RKPD tahun 2020, di Hotel Grand Orri Berastagi., Kamis (27/2/2020)

Dalam sambutannya, Bupati Karo Terkelin Brahmana menyampaikan bahwa Forum Perangkat Daerah merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan, yang diamanatkan peraturan perundang-undangan.

Bupati mengatakan, seperti Undang-Undang No 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, kemudian UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Permendagri No 86 Tahun 2017 tentang Cara Perencanaan, Pengendalian dan Pengembangan Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi R Perencanaan Peraturan Daerah tentang Pembangunan Jangka Panjang dan Menengah Daerah.

“Lebih dari itu, “Forum Perangkat Daerah / Lintas Perangkat Daerah merupakan wadah penampungan dan penjaringan aspirasi masyarakat dan dunia usaha (pemangku kepentingan) untuk penyempurnaan rancangan kebijakan pengadaan renja perangkat daerah,” kata Terkelin

Seyogianya, agenda yang membahas adalah mendesain Perangkat Daerah Kab. Karo dengan menggunakan program prioritas dan kegiatan yang dihasilkan dari musrenbang RKPD Kab. di tingkat Kecamatan, sebagai bahan untuk menyempurnakan rancangan renja.

Acara ini digelar selama 2 hari sejak tanggal 27-28 Pebruari 2020, bertujuan bagi informasi bagi saham, untuk menuju pembangunan pembangunan yang mendukung peningkatan ekonomi untuk peningkatan yang berkualitas, tingkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya bersaing, evolusi mental dan pembangunan kebudayaan, pembangunan infrastruktur untuk mendukung pembangunan ekonomi dan pelayanan dasar.

Sementara menyambut Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan yang dibacakan Jani Sembiring mengatakan kiranya pemda Karo memperhatikan Pokok Pikiran DPRD untuk mengakomodir dalam RKPD, dan mengutamakan pembangunan Sumber Daya Manusia, selain itu juga meningkatkankan dan membantu pelayan.Lanjut Jani, minta agar OPD tajamkan pelayanan kepada masyarakat dan hilangkan Ego sektoral ikuti lintas OPD demi jalankan program dan misi misi RKPD dan utamakan kepentingan masyarakat.(Jai)