oleh

Pemkab Karo Gelar Apel Kesiapan Antisipasi Bencana Alam

JELAJAHNEWS.ID, KARO – Menjelang pergantian musim, Pemerintah Kabupaten Karo dan bersama instansi terkait menggelar apel kesiap siagaan bencana alam, di halaman Kantor Bupati Karo Rabu (11/11/2020).

Bupati Karo Terkelin Brahmana menyebutkan, apel kesiap siagaan dilakukan sebagai langkah pencegahan, mitigasi bencana alam memasuki pergantian musim dari kemarau ke musim hujan.

Disebutkannya, mitigasi kesiapsiagaan bencana alam diperlukan berbagai persiapan. Adapun ancaman bencana alam di musim penghujan, tanah longsor, erupsi Gunung Sinabung (status Siaga atau Level III).

“Kita perlu melakukan berbagai persiapan sebagai langkah antisipasi. Kabupaten Karo termasuk daerah yang berpotensi mengalami  longsor dan erupsi Gunung Sinabung, ditambah cuaca ekstrim dan kekeringan,” ujarnya.

Apel kesiapsiagaan bencana alam, menurut Terkelin, digelar sebagai respons antisipasi bencana alam dan juga penanganan secara terpadu.

“Hal ini penting dilakukan karena potensi terjadinya bencana perlu mendapatkan perhatian bersama. Dengan langkah persiapan yang matang Pemkab Karo dapat melakukan antisipasi dan langkah-langkah penanganan secara cepat, sehingga dampak bencana yang ditimbulkan juga tidak semakin besar,” tegas Terkelin.

Oleh karena itu, ungkap Bupati Karo, dilibatkan berbagai unsur, BPBD Kabupaten Karo, TNI, Polri, elemen masyarakat dan organisasi kepemudaan.“Sinergisitas ini menjadi kunci yang sangat penting,” katanya.

Bupati Karo menginstruksikan kepada para camat, kepala desa di kawasan rawan bencana untuk proaktif dan meningkatkan kewaspadaan.

“Melakukan langkah-langkah penanganan awal serta dapat mengkoordinasikan dan melaporkan setiap kejadian secara cepat kepada tim kesiapsiagaan yang telah kita gelar ini,” imbuhnya.

Dalam apel kesiapsiagaan bencana alam dihadiri Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono, Kasdim 0205 /Tanah Karo Mayor Inf Daulat Marpaung, Ketua PMI Kabupaten Karo Fas beru Pelawi, Plt BPBD Kabupaten Karo Natanael Perangin-angin, dan unsur organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Karo, Bupati Karo Terkelin Brahmana meninjau kelengkapan sarana prasarana dalam penanganan bencana alam.

Pelaksana tugas Kepala BPBD Kabupaten Karo Natanail Perangin-angin mengungkapkan  sejumlah potensi bencana alam yang akan terjadi di musim penghujan dan kawasan rawan bencana alam.

“Terjadi tanah longsor, pohon tumbang, hujan es di Tigapanah. Inilah faktor Kabupaten Karo perlu kesiapsiagaan, sehingga sewaktu-waktu ada bencana semua tim yang terlibat akan siap dalam 24 jam,” tegasnya. Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono menegaskan, pihaknya berkomitmen mendukung penanggulangan bencana. (Jai)

News Feed