Pelindo 1 Intensifkan Kolaborasi Dan Sinergi

JELAJAHNEWS.ID, JAKARTA – Optimalisasi kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak menjadi salah satu strategi Pelindo 1 dalam mendorong kinerja pada tahun ini.

Terkait hal itu, Pelindo 1 pun menjalin kerja sama dengan tiga perusahaan yang memiliki bidang usaha berbeda yakni perusahaan logistik PT Transcon Indonesia, produsen semen PT Semen Indonesia Group (SIG), dan badan usaha pelabuhan PT Asinusa Putra Sekawan.

Kolaborasi dan partnership menjadi salah satu strategi Pelindo 1 untuk menjawab tantangan sekaligus untuk terus bertumbuh. Dalam memberikan pelayanan, Pelindo 1 ingin melakukan beyond port operation sehingga Pelindo 1 berkolaborasi dengan berbagai pihak baik pemerintah, BUMN, dan swasta untuk mempercepat proses ini.

“Ke depan kita akan bekerja sama dengan lebih banyak perusahaan di berbagai bidang yang membutuhkan jasa pelabuhan, dengan semangat memberikan value added bagi semua pihak,” kata Direktur Utama Pelindo 1, Dani Rusli Utama usai dilakukannya penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/Mou) antara Pelindo 1 dengan PT Transcon Indonesia, PT Semen Indonesia Group, dan PT Asinusa Putra Sekawan, Senin (22/2/2021) di Jakarta.

Dalam penandatanganan MoU tersebut, Pelindo 1 diwakili oleh Ridwan Sani Siregar disaksikan Direktur Utama Pelindo 1, Dani Rusli Utama, PT Transcon Indonesia diwakili oleh Utami Prasetiawati selaku Direktur, PT Semen Indonesia (Persero) diwakili oleh Tri Abdisatrijo selaku  Direktur Enjiniring & Proyek, dan PT Asinusa Putra Sekawan  diwakili oleh Satrio Mursandhi selaku Direktur Utama.

Dengan PT Transcon Indonesia, Pelindo 1 berkolaborasi dalam solusi logistik yang meliputi pusat logistik berikat, transportasi, pergudangan, manajemen pergudangan, teknologi informasi, dan distribusi barang di pelabuhan-pelabuhan di wilayah kerja Pelindo 1.

Sementara dengan SIG, kerja sama meliputi pemanfaatan produk semen atau non semen dari SIG dalam kegiatan pembangunan atau pengembangan pelabuhan-pelabuhan milik Pelindo 1. Selain itu juga bersinergi dalam kegiatan distribusi, logistik dan bongkar muat produk semen atau non semen dari SIG di pelabuhan-pelabuhan Pelindo 1.

“Kemudian dengan PT Asinusa Putra Sekawan, Pelindo 1 akan berkolaborasi dan berbagi peran dalam mengembangkan bisnis pelabuhan serta kegiatan berlabuh jangkar dan alih muat barang dari masing-masing pelabuhan di  wilayah perairan Pulau Nipa, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau,” jelas Dani. (IP)