Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1441 H di Sergai Berlangsung Khidmat

SERGAI – Ratusan masyarakat Sergai berbondong-bondong memadati halaman Masjid Agung Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang terletak persis di depan gerbang tol Teluk Mengkudu, untuk melaksanakan Shalat Idul Adha 10 Dzulhijah 1441 Hijriah, Jumat (31/7/2020) pagi.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha berjalan dengan khidmat dan dihadiri oleh Bupati Sergai Ir H Soekirman, Dandim 0204/DS Letkol Inf Syamsul Arifin, Sekdakab HM Faisal Hasrimy AP MAP, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Ketua MUI, FKUB, Ketua PWI Sergai, Khatib H. Zainuddin Martapura, Imam Sholat Idul Adha Faisal, S.PdI, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta ratusan masyarakat yang melaksanakan sholat Idul Adha.

Dalam khutbahnya berjudul “Hikmah Aidil Adha” H. Zainuddin Martapura menyampaikan ajakan untuk senantiasa meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan rajin mengerjakan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya.
Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Al-Hajj:37) “Allah tidak akan menerima daging-daging yang menjadi qurban dan tidak pula darahnya, kecuali Allah SWT akan menerima ketaqwaan dari mereka” memberikan pengertian bahwa qurban yang kita potong itu daging dan darahnya tidak diterima Allah, tetapi ketaatan kita yang ikhlas dan pengabdian kita yang akan diterima oleh Allah SWT dengan balasan yang berlipat ganda, katanya.

Dengan demikian, lanjutnya lagi, pengorbanan dan pengabdian yang ikhlas itulah yang dianjurkan dalam agama Islam sebagai didikan terhadap umat Islam untuk memperkokoh jiwa sosial bagi si kaya terhadap kaum muslimin yang kekurangan.

” Idul Adha ini menjadi momen latihan untuk membiasakan mengorbankan segala sesuatu yang dimilikinya untuk keselamatan dan kebahagiaan sesama umat serta kemajuan masyarakat, bangsa dan negara kita dapat menunaikan perintah sholat Idul Adha sebagaimana yang kita laksanakan pagi ini. Mudah-mudahan apa yang telah kita lakukan diterima dan diridhoi oleh Allah SWT, ” tandas Ustadz Zainuddin Martapura.

Sedangkan Bupati Sergai Ir H Soekirman usai pelaksanaan shalat Idul Adha di Komplek Masjid Agung mengucap rasa kesyukuran atas nikmat kesehatan dan berkah dari Allah SWT sehingga hari ini dapat melaksanakan Sholat Idul Adha bersama-sama dengan masyarakat.

” Kami atas nama Pemerintah Daerah beserta Forkopimda menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha kepada seluruh masyarakat. Hari ini telah menjadi sejarah untuk pertama kalinya Masjid Agung Sergai ini dengan khidmat menggelar Sholat Idul Adha, di tengah sejarah juga bagi seluruh umat manusia di seluruh dunia dengan adanya pandemi Covid-19 melaksanakan sholat Idul Adha, namun tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19,” ujarnya.

Sejalan dengan khutbah yang disampaikan khatib tadi, lanjut Bupati, bahwa kunci amalan kita di dunia termasuk qurban adalah melakukannya dengan ikhlas agar dapat diterima Allah SWT seperti yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim. Selain itu hendaknya pada momen Idul Adha ini kita semakin meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT serta kepedulian terhadap sesama manusia yang lebih sulit dari kita. Sebab, jika jiwa sosial masyarakat semakin tinggi dengan saling membantu, maka Insha Allah yang susah akan terangkat derajatnya sehingga kesejahteraan masyarakat dapat merata.

” Insha Allah khidmat dari Idul Adha kita dapat merefleksikan tentang semangat keikhlasan dari Nabi Ibrahim AS dan anaknya Ismail AS, semoga bangsa Indonesia khususnya Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat dapat meneladani peristiwa Idul Adha yang fokusnya adalah pengorbanan,” ungkap Bupati.

Mengakhiri sambutannya, Bupati menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjalankan protokol Kesehatan Covid-19 karena sampai saat ini pandemi Covid-19 masih terus meningkat. Mari kita doakan bersama semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan kehidupan dapat berjalan normal kembali, ajak Bupati saat mengakhiri sambutannya.(Jai)