oleh

Pedagang Pasar Kelompok Prioritas Penerima Vaksinasi Tahap Kedua

JELAJAHNEWS.ID, JAKARTA – Dalam program vaksinasi covid-19 tahap kedua yang rencananya di mulai pada Maret mendatang, salah satu kelompok yang diprioritaskan ialah pedagang pasar tradisional.

Sebagaimana hal itu diungkapkan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin saat dirinya mengecek persiapan vaksinasi massal di Pasar Beringharjo Yogyakarta, Minggu (21/2/2021). Adapun alasan Budi Gunadi memprioritaskan para pedagang pasar di karenakan seringnya para pedagang pasar berinteraksi pada banyak orang.

“Pedagang pasar adalah pihak yang cukup rentan terpapar karena mereka sering berinteraksi dengan banyak orang, langganannya. Oleh karena itu, kita akan vaksinasi mereka di tahap kedua nanti,” ucap Budi Gunadi.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta akan memulai vaksinasi massal per 1 Maret nanti. Di dalamnya termasuk 8.144 pedagang Pasar Beringharjo dan sekitarnya, 2.600 masyarakat sekitar Malioboro dan Alun-alun Utara, serta 9.153 pegawai toko yang ada di sepanjang kawasan Malioboro. Dimana total penerima vaksinasi Covid-19 DIY tahap kedua di semua kabupaten/kota di DIY diperkirakan berjumlah sekitar 630.000 orang.

Budi Gunadi menjelaskan, sesuai kriteria Kemenkes, kelompok tahapan kedua penerima vaksinasi covid-19 selain lansia dan pedagang pasar adalah petugas pelayanan publik seperti tenaga pendidik dan tokoh agama. Selain itu ada wakil rakyat, pejabat negara, pegawai pemerintah, petugas keamanan, petugas transportasi, atlet, wartawan, dan pekerja sektor pariwisata. (tpc)

Berita Terkait