Pecah Rekor, Putra Taput Jabat Kapolda Sumut

MEDAN – Akhirnya Putra kelahiran asal Tapanuli Utara (TAPUT) berhasil menduduki jabatan Kapolda Sumatera Utara (SUMUT) atau kerap disebut dengan TOBA 1, hal tersebut tertuang dalam surat telegram Kapolri Jenderal Idham Aziz dengan nomor ST/3229/XII/KEP/2019 tertanggal 6 Desember 2019 lalu.

Dijelaskan,dalam Surat Telegram(ST) tersebut, beberapa perwira tinggi (Pati) Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri) terkena pemutasian atau kerap disebut promosi untuk jabatan baru.

Kini, jabatan Kapolda Sumut yang selama ini diemban oleh Irjen Pol Agus Andrianto digantikan oleh Irjen Pol Drs Martuani Sormin, M.Si yang sebelumnya sebagai Asisten Operasi (Asops) Kapolri.

Irjen Pol Drs Martuani Sormin, M.Si yang menggantikan posisi Agus merupakan putra daerah, kelahiran 30 Mei 1963, Lobu Sonak, Lumban Sormin, Pangaribuan, Tapanuli Utara, Sumatera Utara itu sebelumnya pernah menjabat sebagai Kapolda Papua.


Martuani, lulusan Akpol 1987 ini berpengalaman dalam bidang reserse, dan sempat viral di media sosial, dalam aksi heroiknya , ketika kejadian Bom Sarinah 2016 yang lalu.

Terkait adanya mutasi, hal tersebut dibenarkan Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono. ” Benar untuk Kapolda Sumut dipromosikan dalam jabatan baru di Kabaharkam,” ujarnya.

Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono menjelaskan bahwa ini hal biasa, dan bertujuan untuk penyegaran dan kebutuhan di dalam organisasi Polri.(Red/FP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *