oleh

Pansus Covid-19 DPRD Sumut Berharap Bantuan Yang Disalurkan Tepat Sasaran

JELAJAHNEWS.ID,MEDAN – Panitia Khusus Wabah Virus Corona (Covid-19) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara (Sumut) berharap program dan anggaran bantuan untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 disalurkan tepat sasaran.

“Dengan demikian masyarakat yang terdampak wabah virus Corona, khususnya dari kalangan ekonomi bawah, UMK (usaha mikro dan kecil), dan lainnya benar-benar bisa terbantu dan bangkit,” kata Ketua Pansus Covid-19 DPRD Sumut, Akbar Himawan Buchari, dalam keterangan tertulisnya kepada Awak Media, Jumat (8/5/2020).

Dijelaskan,program dan anggaran bantuan yang tepat sasaran ini, penting bagi masyarakat terdampak.Sejak wabah Covid-19 mewabah serta adanya kebijakan pembatasan sosial, perekonomian mereka turut terpukul.

Sementara itu, Akbar Himawan Buchari yang berasal dari Partai Golkar Sumut ini menyatakan, Pansus Covid-19 DPRD Sumut akan bekerja optimal untuk membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19, khususnya di provinsi ini, termasuk di dalamnya terkait realisasi program dan penyaluran bantuan bagi masyarakat.

Sebelumnya Pansus DPRD Sumut untuk Percepatan Penanganan Covid-19 di Sumut menggelar rapat kerja di ruang rapat DPRD Sumut di Medan, Jumat (8/5/2020). Rapat kerja itu digelar untuk memilih pimpinan Pansus dan hal-hal lain terkait persoalan ini.

Rapat yang dipimpin Rahmansyah Sibarani dan diikuti 13 anggota legislatif itu akhirnya secara musyawarah dan mufakat memilih Akbar Himawan Buchari (Partai Golkar) sebagai Ketua Pansus Covid-19 DPRD Sumut dan wakil ketua H Ahmad Hadian (Partai Keadilan Sejahtera/PKS).

Dalam rapat tersebut diharapkan pansus ini bisa berjalan sesuai dengan peraturan yang ada dan dilakukan secara harmonis dan kompak sehingga dapat melahirkan rekomendasi yang bisa menjawab kebutuhan masyarakat.

Selanjutnya, Akbar Himawan Buchari yang juga Ketua Dewan Pembina Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPD Hipmi) Sumut ini menyampaikan, hasil rapat menyepakati, pansus ini dibentuk karena adanya pandemi Covid-19.

“Untuk itu, DPRD Sumut harus tahu dan memiliki data akurat terkait wabah tersebut,” kata Akbar Buchari.

Ia mengatakan, data yang akurat di lapangan sangat dibutuhkan, baik data untuk tingkat provinsi maupun data dari kabupaten/kota sehingga data tersebut bisa menjadi tolok ukur dalam penanganan wabah di provinsi ini. Sementara, mitra kerja Pansus Covid-19 DPRD Sumut ini adalah Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Lebih lanjut, Akbar Himawan Buchari yang juga Ketua Pengurus Provinsi Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sumut tersebut menyampaikan, terdapat empat aspek yang akan diperhatikan oleh Pansus ini dalam pelaksanaan pekerjaannya, yaitu aspek kesehatan, ekonomi, sosial dan keamanan.(Jai)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •