Niat Mancing Di Sungai, Iwan Tenggelam Karena Sampannya Terbalik

TOBA Berniat untuk memancing di Sungai Asahan, namun nasib naas bagi Washinton Siagian (17) alias Iwan, warga Dusun Kampung Tempel, Desa Siruar, Kec. Parmaksian.

Iwan (sapaan akrab Washinton Siagian) yang merupakan siswa di SMP Negeri 1 Parmaksian, tenggelam di Sungai Asahan pada Senin (20/7/2020), karena sampan (perahu tradisional, -red.) yang ia gunakan untuk memancing bersama temannya yang bermarga Simbolon, tiba-tiba terbalik saat mereka menyeberangi sungai.

Ibu korban, Br. Simangungsong pun bercerita, sebelum putranya itu dinyatakan tenggelam di Sungai Asahan, Iwan tak biasanya bermanja terhadap dirinya. Dimana saat itu, kata Br. Simangungsong, Iwan merayunya agar memberinya uang untuk membeli pancing.

“Dia tak biasanya bermanja samaku. Tapi kemaren itu, di manja-manja samaku dan meminta uang untuk beli pancing,” ungkap Br. Simangunsong sambil menahan tangisnya.

Sementara Ayah korban, Ramlan Siagian berharap agar Tim SAR dapat segera menemukan jasad buah hatinya itu.

“Semoga anakku bisa segera ditemukanlah,” harap Ramlan Siagian sembari menyeka air matanya yang menetes.

Niat Mancing Di Sungai, Iwan Tenggelam Karena Sampannya Terbalik
Ayah dan Ibu Washinton Siagian (Iwan), Ramlan Siagian dan Br. Simangungsong saat ditemui JELAJAHNEWS.ID di rumahnya.

Sebagaimana diketahui, Iwan merupakan anak bungsu dari 5 bersaudara. Iwan pun merupakan anak yang baik, dimana ia sering membantu orangtuanya di ladang. Hal itupun turut dibenarkan oleh Paman Iwan yang bernama Firman Siagian.

Pantauan dilokasi, dalam pencarian yang dilakukan, pihak Pemkab Toba turut membuat Posko Pencarian. Dimana Posko itu sendiri terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Toba, Pos SAR Danau Toba, Dinsos Toba, Pemerintahan Kecamatan Parmaksian, serta pihak perusahaan Toba Pulp Lestari (TPL). Bahkan, pihak Dinsos Toba juga membuka dapur umum di Posko Pencarian tersebut guna mendukung logistik buat Tim Rescuer.

Dalam pencarian yang dilakukan hari ini, Selasa (21/7/2020), Bupati Toba, Ir. Darwin Siagian juga terlihat turut menyaksikan pencarian tersebut dengan didampingi oleh Kadinsos Toba, R. O. Sinurat, Kadisdik Toba, P. Panjaitan, serta Camat Parmaksian, Paiman Butarbutar.

Hingga berita ini diturunkan, Tim Rescuer masih belum menemukan jasad Iwan yang tenggelam di Sungai Asahan Siruar. Oleh karenanya, Ka.Pos SAR Danau Toba, Octo Albert Tambunan yang bertindak sebagai Search Mission Coordinator (SMC) dilapangan, memutuskan untuk melanjutkan pencarian esok hari lagi. (red)