oleh

Muscab Satu, Ketua DPC Granat Tapsel Terpilih Secara Aklamasi

TAPSEL – Musyawarah Cabang Gerakan Nasional Anti Narkotika (Muscab Granat) Tapanuli Selatan digelar di Jalan. Tarutung – Padang Sidempuan No.14, Parsorminan Park, Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut), Rabu, (07/07/2021) sekira pukul 09:30 Wib.

Pelaksanaan Muscab dibuka Kapolres Tapanuli Selatan diwakili Kabag Ren Polres Tapsel Kompol Gamal Lusiawan ditandai dengan pemukulan palu sebagai tanda dibukanya pelaksanaan Muscab Granat Kabupaten Tapsel.

Pembukaan tersebut didampingi Ketua Bidang OKK DPD Granat Propinsi Sumatera Utara Octo Aristo Silitongo,SH, Sekretaris DPD Granat Sumut Mhd. Efendi S.Kep, wakil sekretaris DPD Granat sumut Yusri Budi Darma, Ketua Bidang Humas DPD Granat Sumut Islino murianto, serta Kapolresta Tapsel Kompol Gamal Lusiawan.

Ketua Panitia Muscab Mirhot Saiful Siregar S.P.d didampingi Sekretaris Panitia Sariat Harahap S.P.dI dan Bendahara Panitia Aidah Lubis kepada wartawan menyampaikan bahwa Muscab Granat Kabupaten Tapsel Priode 2021-2026 dihadiri oleh 10 Kecamatan yang merupakan dari berbagai Desa di Tapanuli Selatan dengan jumlah 211 Desa.

Pelaksanaan Muscab Kabupaten Tapsel terlaksana hasil gotong royong dari para pengurus dan aktivis anti narkotika, keberhasilan pelaksanaan Desa Bersinar sangat ditentukan oleh kerjasama dan komitmen seluruh pemangku kepentingan baik Pemerintah maupun masyarakat dalam mewujudkan Desa Bersih Narkoba.

“Saya selaku ketua panitia mengucapkan ribuan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam mensukseskan acara ini, baik dari segi material maupun tenaga,” ucapnya.

Ketua Terpilih Uli Panjaitan,SH mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan terhadapnya sebagai Ketua DPC Granat Kabupaten Tapanuli Selatan, dia juga berkomitmen akan menjalankan program Pencegahan, Pemberantasan, Penanggulangan dan Peredaran Gelap Narkoba,(P4GN).

” Tidak ada ampun buat bandar dan peredaran Narkoba, kita akan cegah perusak generasi muda,” cetus Ketua DPC Granat Tapsel.

Sementara itu, dalam sambutan Kabag Ren Kompol Gamal Lusiawan menyampaikan bahwa Kabupaten Tapsel sudah masuk dalam tingkat kerawanan yang sangat tinggi dalam hal peredaran dan penggunaan narkoba akibat keuntungan yang menggiurkan,

“Tapi untuk apa dengan gaji satu miliyar satu bulan tapi membunuh sekian ribu generasi dengan membunuh anak-anak bangsa,” imbuhnya

Menurutnya, polisi terus menggali informasi dari masyarakat, tapi masyarakat masih tertutup, maka sangat diharapkan peran serta masyarakat untuk menjadi polisi bagi diri sendiri, keluarga dan lingkungan, secara khusus Granat dapat bekerjasama dengan pihak kepolisian dalam pemberantasan dan pencegahan peredaran narkotika.

“Mari kita bersama-sama bergerak memberantas masalah Narkoba ini, walaupun ketuanya seorang perempuan mungkin tekad dan pengabdianya tidak di ragukan lagi,” tandasnya.

Terakhir Kompol Gammal menyampaikan, Kapolres mengapresiasi Granat yang sudah 21 tahun kemudian di Kabupaten Tapsel ini sudah 5 tahun, dirinya mengucapkan terimakasih bagi penggiat anti narkotika dan menyampaikan selamat atas terlaksananya Muscab Granat Tapsel.

Hal senada juga disampaikan perwakilan Kepala BNNK Tapsel mengatakan kita disini sudah darurat, 2% apa lagi 30 sekian % kalau tidak salah penduduk sumut adalah 14 juta jiwa kita memakai udah hampir 1 juta berarti sudah 14% Sumut adalah pecandu penyalahgunaan narkoba.

“Jadi, kami minta DPC Granat melalui ketua terpilih diharapkan bersinergi menurunkan angka untuk koban penyalahgunaan narkotika di Kabupaten Tapanuli selatan, itu harapan BNNK Tapsel,” ucapnya

Sekretaris DPD Granat Sumut Mhd. Efendi S.Kep menyampakan bahwa Ormas Granat merupakan wadah tempat para aktivis atau penggiat anti narkotika mengabdikan diri. Kalau di sumut sudah ada sejak tahun 2002, sementara Granat telah berdiri sejak tahun 1999 di Jakarta dan saat ini sudah 21 tahun di seluruh Indonesia sudah ada kemudian di Sumut kita suda ada 19 Kabupaten dan kota, terangnya.

“Pada Muscab Granat Tapanuli Selatan mengatakan kami sangat bersyukur ini dilaksanakan secara sederhana, kami berharap kepada ketua yang terpilih jangan berkecil hati di dengan kondisi sederhana ini kita sudah cukup bangga karena kita tidak mengharapkan apa-apa di granat berjuang, suatu saat nanti ini jadi ladang amal kita membantu untuk bangsa dalam rangka program P4GN,” tandas Mhd. Efendi.

Ia berharap kepada rekan-rekan PAC tetap semangat juga walaupun di situasi pandemi ini seluruh negara khususnya di sumatera ini karena makin pandemi, makin banyak penyalahgunaan narkoba. “Untuk itu terus bergerak dengan membentuk pengurus di tingkat ranting pada kelurahan-kelurahan dalam rangka selamatkan anak negeri dari Narkoba,” ujar Efendi.

“Muscab Granat Tapsel yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19 berhasil menentukan program kerja dan berhasil memilih Ketua DPC Granat pemkab Tapsel yang baru Uli Panjaitan SH, dan terpilih secara aklamasi dalam pemilihan karena mendapatkan dukungan suara yang cukup sesuai dengan Tatib Muscab,” pungkas sekretaris DPD Granat Sumut. (Irul Daulay)

Berita Terkait