MTQ XX Resmi Dibuka Walkot Padangsidimpuan

JELAJAHNEWS.ID, P. SIDIMPUAN – Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution resmi membuka MTQ ke XX (20) tingkat Kota, ) di lapangan SMK Negeri 2 Kota P.sidimpuan, Kamis (4/3/2021).

Kegiatan ini berlangsung mulai Kamis (4/3/2021) sampai Sabtu (6/3/2021), ditandai dengan pemukulan bedug secara bergantian bersama Forkopimda diiringi Azan.

Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution dalam sambutan mengatakan, Pelaksanaan MTQ ini tidak hanya sebagai bentuk kita memuliakan Al-qur’an, tetapi juga sebagai salah satu jalan dakwah dalam menyiarkan syiar agama Islam.

Penyelenggaraan MTQ juga merupakan wujud keinginan kuat dalam membumikan AL-qur’an untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan masyrakat dan berbangsa.

Oleh sebab itu, “Marilah kita jadikan momen MTQ XX (20) tahun 2021 Kota P.sidimpuan ini, sebagai bagian dari pada Muhasabah diri kita untuk menciptakan kota P.sidimpuan yang berkarakter baik dan bersih serta saling rukun,” ajak Walkot Irsan.

Seiring dengan pelaksanaan MTQ tahun ini yang masih berbarengan dengan kondisi pandemi covid-19 yang ada di negara kita, Irsan mengingatkan agar semua tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Terakhir Irsan berharap, “Semoga MTQ ini terselenggara dengan sukses, dan pandemi Covid-19 segera berlalu,” ujarnya.

Selanjutnya, Kakan Kementerian Agama Sidimpuan Saripuddin Siregar menambahkan, MTQ juga sebagai ajang seleksi atau penilaian bagi para kafilah terbaik. Kemudian akan mewakili kota ini diseleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat provinsi pada April nanti di Kota Pematangsiantar.

Sementara itu, Ketua DPRD Siwan Siswanto mengatakan, MTQ meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan Al Qur’an bagi pesertanya maupun masyarakat dan segenap pihak yang berpartisipasi di kegiatan ini.

“Hari ini hari baik dan berkah. Karena di tempat ini kita berkumpul bersama para ulama dan penghafal Qur’an maupin Hadist. Mari kita syukuri dan maknai nikmat ini,” ajak Siwan.

Sebelumnya, Ketua Panitia juga Asisten 1 Iswan Nagabe Lubis melaporkan, MTQ ini diikuti 196 orang peserta dari enam kafilah. Dengan rincian 33 dari kafilah Kecamatan Padangsidimpuan Utara (tuan rumah).

Kafilah Kecamatan Sidimpuan Selatan 30 orang, Sidimpuan Tenggara 33, Sidimpuan Batunadua 34, Sidimpuan Hutaimbaru 35 dan Sidimpuan Angkola Julu 31 orang.

Pada MTQ ke-XX ini ada tujuh cabang yang dilombakan. Yakni Tilawatil Qur’an, Hifzil, Fahmil, Syarhil, Hadist, Tafsir dan Khattil Qur’an. Adapun Dewan Hakim yang dilibatkan pada MTQ ini sebanyak 53 orang.

“Panitia dan peserta MTQ ke-XX ini berkomitmen untuk menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat mulai dari pembukaan sampai penutupan,” tegas Iswan Nagabe.

Sementara itu, Camat Psidimpuan Utara Zulkifli Lubis sebagai tuan rumah mengatakan, lapangan SMK Negeri 2 tempat pelaksanaan MTQ ini berkapasitas 800 orang. Namun karena di tengah Pandemi Covid-19, jumlah yang hadir dibatasi hanya 300 orang.

MTQ ke-XX ini mengusung tema ‘Mengawal Padangsidimpuan Berkarakter pada masa Pandemi dengan mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an’, tuturnya.

Hadir Wakil Wali Kota Arwin Siregar, Sekda Letnan Dalimunthe, Kapolres AKBP Juliani Prihartini, mewakili Dandim 0212/TS, Danyon 123/RW, Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua Pengadilan, MUI, Ketua Tim Penggerak PKK Derliana Irsan dan lainnya. (Irul Daulay)