oleh

Minat Baca di Sumut Rendah, Ketua GPMB: “Aceh dan NTB di Atas, Kita Dimana?

JELAJAHNEWS.ID – MEDAN, Rapat perdana di 2021, Pengurus Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Sumatera Utara (Sumut) fokus menghasilkan program kerja yang dapat mendongkrak minat baca masyarakat.

Karena minat baca yang tinggi menjadikan minat belajar juga tinggi dan akan mempunyai pengetahuan yang luas. Sebagaimana hal itu disampaikan Ketua GPMB Sumut, Nawal Lubis saat membuka sekaligus memimpin rapat kerja pengurus daerah GPMB Sumut di Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut, Selasa  (12/1/2021).

“Rapat kerja hari ini, kita fokus untuk menghasilkan program kerja yang bisa meningkatkan minat baca di Sumut. Rendahnya minat baca saat ini menjadi tugas kita bersama untuk dapat meningkatkan peringkat kita. Saat ini kita (Sumut) pada peringkat 18 di antara provinsi lainnya. Aceh dan NTB di atas, kita dimana? Sebelumnya kita yang di atas,” kata Nawal.

Nawal pun mengakui, menurunnya minat baca juga akibat dampak dari pandemi Covid-19. Dimana pembatasan aktivitas sosial, hingga kurangnya kunjungan ke perpustakaan dan sebagainya untuk membaca buku.

“Meski begitu, kita jangan terus larut dengan situasi ini. Kita harus terus bergerak dan meningkatkan minat baca masyarakat dengan program kerja kita nantinya,” sebutnya.

Sementara, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut, Harlen Purba mengatakan, variable kegemaran membaca itu yakni diukur dengan lamannya membaca buku, serta berapa buku satu hari yang dibaca oleh masyarakat.

“Durasinya itu yakni minimal 45 menit membaca buku dan dua buku perhari. Inilah upaya kita untuk meningkatkan minat baca khususnya pada anak sekolah dan masyarakat sesuai kemampaun waktu yang mereka miliki,” ucap Harlen.

Pada rapat ini, Harlen juga mengusulkan agar melibatkan pihak swasta serta unsur lainnya. Karena menurutnya, upaya meningkatkan minat baca masyarakat ini adalah urusan bersama dan tidak hanya urusan pemerintah saja. (IP)

News Feed