Meski Gagal Bersinar, Suzuki Tetap Apresiasi Pembalapnya

OLAHRAGA Dua pembalap Tim Suzuki Ecstar, yakni Alex Rins dan Joan Mir gagal tampil bersinar di Moto GP Andalusia 2020 yang berlangsung pada Minggu 26 Juli 2020.

Hal itu dikarenakan, tak ada satu pun dari kedua pembalap tersebut yang mampu finis di posisi podium. Hasil terbaik yang diraih Suzuki di balapan seri kedua Moto GP 2020 itu adalah dengan mengakhiri race di peringkat kelima, yang mana dicatatkan oleh Mir. Sedangkan Rins yang masih merasa sakit atas cedera yang dideritanya sejak Moto GP Spanyol 2020, harus puas finis di posisi ke-10.

Meski gagal bersinar, namun Suzuki tetap mengapresiasi kedua pembalapnya tersebut. Malahan Manajer Teknis Suzuki Ecsrtar, Ken Kawauchi menilai Rins dan Mir memiliki mental yang luar biasa karena tetap dapat mencapai garis finis dan memberikan poin kepada tim tersebut di tengah kondisi yang sulit.

Kawauchi juga berterima kasih kepada Rins yang rela memaksakan dirinya untuk balapan di MotoGP Andalusia 2020 tersebut hingga akhirnya finis di urutan ke-10. Tak lupa, ucapan terima kasih itu juga diberikan kepada Mir yang mampu tampil baik dan berada di lima besar hingga akhir balapan.

Kawauchi sadar, dua pembalap Suzuki itu telah gagal mengeluarkan kemampuan terbaik mereka saat tampil di Sirkuit Jerez pada akhir pekan kemarin. Namun, dirinya mengetahui betul, baik Rins dan Mir yang sudah berusaha semaksimal mungkin ketika balapan berlangsung.

Menurutnya, para pembalap lain mungkin akan menyerah jika menjadi Rins yang kesakitan ketika balapan berlangsung. Namun, pada kenyataannya rider asal Spanyol itu tetap melanjutkan balapan hingga usai. Mental baja itulah yang membuat Kawauchi senang dan tak mempermasalahkan hasil dari Moto GP Andalusia 2020.

“Hari ini (saat balapan MotoGP Andalusia 2020) saya sangat senang. Kami tidak dapat menunjukkan semua potensi kami, tetapi kedua pembalap kami melakukan yang terbaik yang bisa mereka lakukan untuk pada saat itu,” ungkap Kawauchi.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Alex Rins, yang bertarung hari ini meskipun kesakitan, sangat bagus dia menyelesaikan balapan di urutan ke-10. Saya juga ingin mengatakan terima kasih kepada Joan Mir untuk balapannya dan poin yang solid,” tambah Kawauchi.

Selanjutnya, Kawauchi berharap waktu libur selama sepekan bisa dimanfaatkan dengan baik untuk Rins agar bisa segera sembuh total dari cederanya. Begitu juga dengan Mir, Kawauchi berharap pembalap asal Spanyol itu bisa beristirahat dan mengumpulkan tenaga agar siap tampil di seri ketiga Moto GP 2020.

Seri ketiga itu pun dipastikan akan berlangsung di Sirkuit Brno, Republik Ceko. Tepatnya balapan akan dihelat pada Minggu 9 Agustus 2020 mendatang. (okz)