Meski Diwarnai Kericuhan, KLB Demokrat Sibolangit Tetapkan Moeldoko Sebagai Ketum Partai Demokrat 2021-2025

MEDANKongres luar biasa atau KLB Partai Demokrat versi Moeldoko yang diselenggarakan di The Hill Hotel and Resort Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara akhirnya di warnai dengan kericuhan.

Kericuhan bermula saat massa pro KLB menghadang kedatangan perwakilan DPD Partai Demokrat Sumatera Utara ke area KLB.

Alhasil, aksi baku hamtam dan lempar batu pun terjadi. Bahkan, sejumlah warga turut menjadi korban saat ingin melerai pertikaian yang terjadi. Para korban kemudian di larikan ke klinik terdekat guna mendapat pertolongan pertama.

Sebagaimana diketahui, KLB demokrat yang di gelar di The Hills tersebut bertujuan untuk menentukan Ketua Umum (Ketum) baru pengganti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Informasi dihimpun, KLB di rencanakan akan berlangsung sampai dengan hari Minggu, 7 Maret 2021. Dimana KLB tersebut juga di ikuti oleh 387 perwakilan dewan pimpinan cabang (DPC) Partai Demokrat.

Terpisah, Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Inspektur Jenderal Polisi Argo Yuwono menegaskan bahwa pihak Kepolisian tidak pernah mengeluarkan satu izin pun terkait penyelenggaraan KLB Partai Demokrat tersebut.

“Polri tidak mengeluarkan izin,” ucap Argo kepada awak media, Jumat (5/3/2021).

Kendati terjadi kericuhan di lokasi yang jauh dari tempat pelaksaan, KLB Partai Demokrat pun tetap terus berjalan. Dalam KLB tersebut, para Kader Demokrat pun sepakat memilih Moeldoko sebagai Ketua Umum Demokrat periode 2021-2025. Dimana Jhoni Alen Marbun bertindak sebagai pimpinan sidang dalam KLB itu.

“Kongres memutuskan penetapan, hasil voting berdiri Pak Moeldoko sebagai Ketua Demokrat 2021-2025,” ucap Jhoni yang kemudian disambut tepuk tangan peserta KLB.

Sementara itu, Marzuki Ali yang juga menjadi kandidat Ketum Partai Demokrat dan kalah dalam voting berdiri dalam KLB, ditunjuk sebagai Ketua Pembina Partai Demokrat.

“Menetapkan dan memutuskan bahwa Pak Marzuki Ali sebagai Ketua Pembina Demokrat 2021-2025,” sebut Jhoni Alen.

Lebih lanjut, Jhoni juga menyampaikan keputusan Partai Demokrat versi KLB Sibolangit, memberhentikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

“Menetapkan dan memutuskan, pertama kepengurusan Pimpinan Pusat Demokrat periode 2020-2021, yang diketuai oleh Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dinyatakan dimisioner. Demikian keputusan ini, ditetapkan di Sibolangit, Deliserdang, 5 Maret 2021,” katanya.(tim JN)