oleh

Menlu Cina Akan Bahas Peningkatan Kerjasama Strategis Dengan Presiden RI

JELAJAHNEWS.ID – JAKARTA, Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi dijadwalkan bertemu dengan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, Rabu (13/2/2021).

Pertemuan kedua negara itu bertujuan untuk membahas perihal peningkatan kerjasama strategis di bidang ekonomi antara Cina dengan Indonesia.

“Bapak Wang Yi akan diterima oleh Bapak Presiden dan mendengar langsung harapan Bapak Presiden terhadap kerjasama strategis kedua negara yang telah terjalin selama ini,” sebut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan beberapa waktu lalu.

Adapun kerjasama yang akan dibahas nantinya meliputi bidang maritim, investasi dan perdagangan, pelatihan vokasi, serta pengentasan kemiskinan di daerah pesisir.

Menlu Cina, Wang Yi diketahui sudah tiba di Indonesia sejak 12 Januari kemarin. Namun beliau terlebih dahulu menyambangi Danau Toba sebelum terbang ke Jakarta.

Kunjungan Wang Yi ke Danau Toba sedianya berlangsung pada Februari 2020 lalu. Akan tetapi, hal itu tertunda dikarena terjadinya pandemi covid-19 hampir di seluruh Negara di dunia.

Kedatangan Wang Yi di Danau Toba sekaligus untuk memenuhi undang Luhut. Bersama dengan beberapa delegasinya, Wang Yi pun menyempatkan diri melakukan kegiatan hiking serta mengunjungi beberapa tempat historis yang berada di sekitar destinasi super-prioritas itu.

Selain Indonesia, Wang Yi juga akan bertamu ke beberapa negara lainnya di Asia Tenggara. Diantaranya, Myanmar, Brunei Darussalam, dan Filipina untuk safari kenegaraan. (tpc)

News Feed