Masyarakat Apresiasi Bupati Tapsel Tangani Jembatan Ambruk di Batu Godang

JELAJAHNEWS.ID – Sekitar 3 ribu warga Batu Godang, tak lagi terisolir. Pasalnya, jembatan ambruk yang menghubungkan Desa Perkebunan dengan Desa Batu Godang, telah dipasang jembatan bailey, Jumat (12/6/2020).

Masyarakat setempat mengaku bangga sekaligus terharu dengan perhatian, kepedulian dan keseriusan Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu, SH terhadap kondisi jembatan itu.

“Bupati sudah meninjau saat ambruknya jembatan. Dan kali ini, telah dipasang jembatan sementara, sehingga pengangkutan hasil bumi tak ada kendala lagi,” ungkap salah satu warga Romadon Tambunan (39), kepada awak media,Sabtu (13/6/2020).

Dikatakan, pasca ambruknya jembatan yang dibangun sekitar 30 tahun itu, memang sempat membuat rasa cemas bagi warga. Sebab, sekitar 3 ribu jiwa warga di Desa yang memiliki 7 dusun ini sangat mengandalkan jembatan penghubung, untuk pengangkutan hasil bumi guna menopang perekonomian keluarga.

“Apalagi hari ini bertepatan hari pekan disini. Jika tanpa jembatan, tak dapat dibayangkan bagaimana mengangkut hasil bumi,” sebut mereka, seraya mengungkapkan rasa terima kasih kepada Bupati Tapsel.

“Sejak memimpin Tapsel, Bupati memang sangat peduli pada warganya,” ujar mereka seraya berharap, jembatan bailey yang dipasang untuk keperluan sementara, tentunya tetap dilanjutkan dengan pembangunan jembatan permanen secepatnya.

Salah seorang pengendara truk, Fandi (29) juga mengaku salut dengan kesigapan penanganan atas jembatan ambruk itu.

“Memang, kabarnya Bupati turun langsung meninjau lokasi beberapa hari lalu. Dan semalam,Jumat(12/6/2020) sudah bisa dilalui,” ujarnya.

Sambung Fandi, kondisi jembatan yang ambruk memang sudah layak untuk mendapat perhatian. Apalagi, sesuai perkembangan zaman, kenderaan yang melintas semakin berkembang.

“Kalau untuk truk tonase tinggi, memang sudah rawan melintasinya,” ucapnya seraya mengaku salut dengan kesigapan atas penanganan jembatan ambruk itu.

Sedangkan Kepala Desa Batu Godang Mahmuddin Sihombing mengatakan, atas nama masyarakat menyampaikan terima kasih kepada Bupati Tapsel, atas dipasangnya jembatan bailey dilokasi jembatan ambruk yang menghubungkan desanya dengan Desa Perkebunan dan Jalan Nasional Pantai Barat.

“Ini menunjukkan Bupati sangat sayang dengan warganya. Kami pantas mengungkapkan banyak terima kasih,” ucapnya didampingi Tokoh Masyarakat Johani Dalimunthe (56).

Namun sambung Kades, jembatan bailey yang dipasang saat ini, tentunya sifatnya hanya sementara, agar ribuan warga Batu Godang tak terisolir. Karena itu, sangat berharap, agar pembangunan jembatan permanen menjadi prioritas selanjutnya.

“Kita sangat berharap begitu (pembangunan jembatan permanen), mengingat jembatan ini sangat vital bagi seluruh warga untuk mengangkut hasil pertanian keluar,” ungkapnya. (Arjuna Hiqmah Lubis)