oleh

Masuk Daftar Lelang, Shelby Cobra 427 Super Snake 1966 Dipastikan Jadi Buruan Kolektor Kakap

JELAJAHNEWS.ID, JAKARTA – Scottsdale Barrett-Jackson akan melelang sebuah mobil Shelby Cobra 427 Super Snake 1966 pada Maret ini.

Shelby Cobra 427 Super Snake 1966 mungkin akan menjadi Cobra termahal yang pernah dijual. Mobil ini dipastikan bakal menjadi buruan kolektor kakap karena keberadaannya yang sangat langka.

Mobil ini dikenal sebagai CSX 3015 dan dibuat oleh Carroll Shelby sendiri sebagai Cobra pamungkas. Bahkan Road & Track pernah menyebutnya sebagai ‘The Cobra To End All Cobra’ pada tahun 1968, dan pada tahun 2007, terjual seharga US$ 5,5 juta atau setara Rp.77,3 Miliar.

CSX 3015 bertransmisi ini layak menyandang predikat istimewa dengan sejumlah alasan. Satu di antaranya adalah Cobra ini dilengkapi sepasang supercharger Paxton yang memberikan asupan kepada karburator empat barel Holley ganda yang berada di atas intake manifold cross-ram. Sehingga mesin V8-nya mampu menghasilkan daya 800 hp.

Barrett-Jackson menyatakan bahwa mobil klasik ini awalnya adalah salah satu dari segelintir Competition Cobra Roadsters yang dibuat dan ikut serta dalam tur promosi Eropa. Mobil mungil bertenaga buas ini mendarat kembali di AS pada akhir 1966, saat itulah dua supercharger dipasang.

Carroll Shelby secara pribadi pernah mengemudikan mobil itu hingga 306 kilometer per jam. Setelah kepemilikan Shelby, mobil itu dibeli oleh penulis lagu Jimmy Webb pada tahun 1970. Webb memilikinya selama lebih dari dua dekade sebelum disita dan dilelang oleh IRS. Sejak itu telah melewati tangan berbagai kolektor dan tetap menjadi salah satu dari dua Shelby Cobra twin-supercharged yang pernah dibuat. (tpc)

Berita Terkait