oleh

Lindungi Data Pribadi di Media Sosial, Ini Cara Terbaiknya

JELAJAHNEWS.ID, TEKNO – Media sosial saat ini sudah menjadi kebutuhan paling penting yang harus dimiliki oleh setiap orang, seperti memiliki satu akun jejaring sosial. Sebagian besar, media sosial mencoba untuk melindungi data pribadi penggunanya.

Namun, masih ada beberapa hal yang bisa dimanfaatkan oleh orang jahat melalui data pengguna di media sosial. Buat kamu yang ingin menjaga data pribadi kamu di media sosial, kamu harus mengikuti beberapa cara di bawah ini!

Sembunyikan Tanggal Lahir

Tanggal lahir kamu sangat penting untuk dijaga, seperti nama lengkap dan alamat rumah kamu. Informasi tersebut bisa membantu para penipu untuk meretas akun pribadi atau perbankan yang kamu miliki. Kamu harus pikirkan baik-baik sebelum menambahkan informasi ini.

Jangan Pasang Lokasi di Postingan

Menambahkan lokasi memang sangat menyenangkan dan penting untuk dipasang di sebuah post. Tapi, kamu tetap harus berhati-hati dengan hal tersebut, karena secara tidak langsung kamu sudah memberitahu semua orang di mana kamu berada.

Kalau kamu sering melakukannya, nggak bakal sulit buat seseorang yang punya niat buruk untuk mengetahui kegiatan kamu sehari-hari, seperti di mana kamu biasanya beristirahat, tempat tinggal, dan tempat hangout kamu.

Jangan Posting Kartu Identitas dan Sejenisnya

Kode bar yang ada di tiket bisa digunakan untuk memperoleh informasi pribadi yang diberikan kepada maskapai penerbangan. Salah satu kesalahan lainnya adalah mem-posting gambar kartu kredit atau SIM untuk menunjukkan sesuatu. Itu juga bisa jadi alasan utama.

Hapus Pertemanan dengan Orang yang Tidak Dikenal

Menghapus sebagian besar teman online yang tidak punya hubungan di kehidupan nyata pastinya akan menghemat waktu kamu. Buat saja lingkaran pertemanan kamu jadi lebih ketat dan bermakna.

Jangan Posting Sesuatu yang Berkaitan dengan Anak Kecil

Kamu juga harus mempertimbangkan ketika ingin membagikan hal-hal yang berkaitan dengan anak kecil. Informasi pribadi yang berlebihan di media sosial bisa memuluskan jalan untuk melakukan kejahatan terhadap anak-anak. Jadi, jangan berikan informasi ini kalau akunmu terbuka untuk orang.

Jangan Terlalu Menunjukkan Situasi Pekerjaanmu

Sudah banyak kasus di seluruh dunia pekerjaan yang karyawannya langsung dipecat karena mengungkapkan informasi tentang pekerjaan mereka. Bahkan, ada saja karyawan yang memfitnah atau menunjukkan pelanggaran tugas di kantor.(psid)

Berita Terkait