Kunjungi 5 Objek Wisata Ini Saat Datang Ke Humbahas

JELAJAHNEWS.ID, HUMBANG HASUNDUTAN – Tahukah kamu pernah kecamatan Dolok Sanggul yang ada di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas)? Ternyata kabupaten ini memiliki objek wisata yang tak boleh kita lewatkan begitu saja jika mengunjunginya.

Sebab, selain berada di lingkar Danau Toba, Humbahas juga memiliki udara yang dingin dan sejuk karena terletak di dataran tinggi. Dolok Sanggul sebagai ibukota Kab. Humbahas merupakan salah satu kabupaten yang baru dibentuk karena adanya pemekaran. Walau begitu, kabupaten ini sudah memiliki Bandara Silangit sehingga lebih mudah untuk dikunjungi.

Salah satu keunikan yang dimiliki Humbahas adalah pemandangannya yang indah. Dikarenakan wilayah geografisnya yang terletak di daerah pegunungan. Sehingga kita bisa melihat pemandangan Danau Toba yang indah dari ketinggian. Berikut kami rangkum beberapa objek wisata yang ada di Humbahas.

  1. Lembah Bakkara

Lembah Bakkara terletak di sepanjang pantai selatan Danau Toba. Tempat ini adalah tempat yang sangat bersejarah bagi masyarakat Danau Toba karena merupakan tempat lahirnya Raja Sisingamangaraja. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Huta Ginjang yang berada diatas ketinggian 1550 Mdpl yang memiliki fasilitas lengkap mulai dari penginapan, penjual cenderamata, atraksi wisata, sampai dengan merasakan naik Paralayang dan menikmati pemandangan danau toba yang indah dari atas langit.

  1. Air Terjun Aek Sipulak

Objek wisata Humbahas selanjutnya adalah air terjun Aek Sipulak. Air terjun ini memiliki tinggi mencapai 70 meter dengan lebar mencapai 3 meter yang airnya berasal dari sungai Sipulak. Walaupun memiliki keindahan alam yang masih asri, namun air terjun ini belum dikelola oleh pemerintah setempat sehingga belum menjadi destinasi wisata. Disini tidak boleh ada pengunjung yang datang dan berenang disekitar air terjun karena adanya resiko kemunculan pusaran air yang bisa terbentuk dan membahayakan.

  1. Istana Sisingamangaraja

Istana ini adalah tempat yang cocok jika kita ingin berwisata sejarah dan mengenal lebih dalam sejarah masyarakat Toba di Dolok Sanggul. Istana ini adalah istana dari Raja Sisingamangaraja ke-XII yang juga merupakan pahlawan nasional asal Sumatera Utara.

Di masa lalu, istana ini sempat dua kali dibakar dan dibangun lagi tenpa melupakan bentuk aslinya. Di kompleks istana ini, kita juga bisa melihat makam bersejarah milik Sisingamangaraja X dan Sisingamangaraja XI.

  1. Aek Sipangolu

Merupakan salah satu obyek wisata yang sarat dengan nilai-nilai religi karena airnya berasal dari sumber air yang keramat dan diyakini mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, sumber mata air ini berasal dari tapak gajah putih milik Raja Sisingamangaraja.

Dimana pada saat itu Raja Sisingamangaraja yang sedang menunggangi gajah putih tersebut kehausan dan menancapkan tombaknya di bekas tapak kaki gajahnya. Dan saat itulah keluar air dari dalam tanah dan mengalir sampai hari ini.

Dan saat ini, disekitar tempat dimana Aek Sipangolu berada sudah dibuatkan sebuah kolam yang menjadi tempat bagi masyarakat setempat untuk berdoa dan meminta kesembuhan dari penyakitnya sambil meminum air yang keluar dari mata air Aek Sipangolu.

  1. Geosite Sipinsur

Objek wisata di Humbahas selanjutnya adalah Geosite Sipinsur. Dimana kita ataupun pengunjung lainnya bisa menikmati panorama keindahan Danau Toba dari ketinggian. Geosite Sipinsur berada diatas ketinggian dengan ketinggian 1213 mdpl, Dimana dari tempat ini kita bisa melihat 4 kabupaten yang ada di lingkar Danau Toba sekaligus, yakni Kab. Toba, Kab. Samosir, Kab. Tapanuli Utara, dan juga Kab. Humbahas.

Hal lain yang menjadikan banyak wisatawan berkunjung ke Geosite Sipinsur adalah udaranya yang sejuk karena Geosite ini berada di dalam hutan seluas 2 Ha yang didominasi oleh hutan pinus. Di tempat ini juga, kita bisa menemukan fasilitas umum lainnya untuk dapat dinikmati seperti taman bermain, camping ground, sampai dengan restoran, penginapan, dan arena outbond. (net)