KTM Raih Keuntungan dari Kesalahan Honda

OLAHRAGAPengamat Moto GP, Carlo Pernat turut angkat bicara soal pencapaian manis KTM di Moto GP Republik Ceko 2020.

Menurutnya, hasil tersebut bisa diraih KTM karena kesalahan besar yang telah dibuat Honda dengan membiarkan Dani Pedrosa bergabung ke tim tersebut. KTM memang menuai hasil manis saat mentas di Moto GP Republik Ceko 2020.

Mereka berhasil merebut kemenangan lewat aksi pembalap debutannya, yakni Brad Binder. Kemenangan ini menjadi yang pertama diraih KTM di kelas Moto GP. Atas pencapaian manis itu, nama Pedrosa pun mendapat sorotan besar.

Sebab, pembalap asal Spanyol itu dinilai memegang andil besar atas peningkatan yang ditunjukkannya sejauh ini.  Pedrosa memang diketahui bekerja di balik layar pengembangan motor KTM dengan menjadi pembalap penguji. Pekerjaan ini telah disandangnya sejak memutuskan pensiun dari Moto GP pada akhir musim 2018.

Pernat pun menilai Honda telah melakukan kesalahan besar dengan tidak mempertahankan jasa Pedrosa setelah pensiun dari Moto GP. Seharusnya, Manajer Honda, Alberto Puig, dan para petinggi di sana mempertahankan jasa Pedrosa yang sudah memiliki pengalaman besar di Moto GP.

Pedrosa pun dinilai telah berhasil membuktikan ketangguhannya di dunia balap motor dengan membantu KTM menjelma menjadi tangguh pada musim ini. Atas capaian manis tersebut, Pernat menilai perlu berterima kasih kepada Honda yang telah melakukan kesalahan besar.

“Semua keraguan saya tentang KTM telah menguap. Hasil ini adalah bagian dari strategi Puig dan Honda yang membiarkan Pedrosa pergi, membiarkannya menjadi pembalap penguji untuk KTM. Ini adalah kuncinya,” ujar Pernat.

“KTM melakukannya dengan baik dan juga Binder yang berpacu sebagai pembalap berpengalaman, bukan sebagai pemula. Disisi lain, Pol Espargaro bermain sangat buruk. Dia membuat kesalahan dengan Zarco yang dihukum dengan cara yang memalukan,” lanjutnya.

Honda sendiri diketahui harus menelan pil pahit di Moto GP Republik Ceko 2020. Dalam balapan tersebut, tak ada satu pun pembalap Honda yang bisa bersaing memperebutkan podium. Mereka benar-benar tenggelam saat tak ada kehadiran Marc Marquez yang harus absen karena cedera. (okz)