Konsulat Tiongkok Serahkan Bantuan Erupsi Gunung Sinabung

JELAJAHNEWS.ID, KARO – Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH mengatakan bantuan donasi sembako dan APD (alat pelindung diri) dari Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok (Konjen RRT) untuk masyarakat yang terdampak Erupsi Gunung Sinabung, akan segera direalisasikan.

Terkelin Brahmana menyampaikan hal itu di hadapan perwakilan Konjen RRT Wu Boliang, Rabu (17/3/2021), di Ruang Lobi Kantor Bupati Karo, Kabanjahe. Hadir juga Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi MSi, Kadis Kesehatan drg Irna Safrina Meliala, dan Plt BPBD Natanail Peranginangin.

Menurut Terkelin, barang paket sembako tersebut, segerajalani pendataan ulang dan cek jumlah sesuai tanda terima nomenklatur. Hal itu untuk tertib administrasi sehingga tidak ada dugaan pihak-pihak tertentu, bahwa Pemkab Karo tidak transparan.

Terkelin juga berharap apa yang telah diberikan Konjen RRT ke Pemkab Karo untuk membantu kesulitan masyarakat Karo dalam situasi Pandemi Covid-19 dan Erupsi Gunung Sinabung, ke depan dapat lebih baik lagi dalam hubungan bilateral baik sisi ekonomi, budaya dan perdagangan.

Untuk itu, tandas Bupati Karo, OPD terkait segera lakukan normalisasi kegiatan dalam penyebaran paket bantuan tersebut. Serta memperhatikan sasaran agar tepat guna, tepat manfaat dan tepat waktu.

Sementara, perwakilan Konjen RRT Wu Boliang mengatakan, kehadirannya hari ini, ingin mempertegas, bahwa bantuan paket sembako yang telah diterima Pemkab Karo, diperuntukkan bagi masyarakat korban terdampak Erupsi Gunung Sinabung yang beberapa pekan terakhir, sempat meresahkan warga.

Di samping itu, Wu menitip pesan dari Konjen RRT Perwakilan Medan Qiu Weiwei. Yakni, ke depan dalam melawan Covid-19, maka pihaknya bersedia bekerja sama dalam mitra strategis menuntaskan pemulihan ekonomi.

“Secara internasional semua negara mengalami Pandemi Covid-19. Namun jangan menyerah begitu saja. Inilah butuh kerjasama, termasuk kami dari Pemerintah Distrik Jinning,” tuturnya.

Namun begitu, Wu Boliang berjanji membuka peluang. Dan pihaknya sangat welcome untuk meningkatkan kerjasama bilateral antara Pemerintah Distrik Jinning dengan Pemkab Karo.

Sedangkan, Kepala Plh BPBD Natanail Peranginangin mengatakan, akan segera melakukan pendataan wilayah yang terkena terdampak kuat saat terjadi Erupsi Gunung Sinabung belum lama ini. Hal ini sesuai Intruksi Bupati Karo, bahwa penyaluran bantuan harus tepat sasaran dan tepat manfaat.

Sebelumnya, perwakilan Konjen RRT Khendy, Selasa (16/3/2021), telah menyerahkan donasi sembako. Antara lain, berupa beras 10 kg, minyak dua liter, gula satu kg. Serta APD (alat pelindung diri) berupa Masker Maidi 3 ply satu kotak. Total keseluruhan 530 paket. (Jai)