Kodam I/BB Siap Melaksanakan TMMD ke 109

JELAJAHNEWS.ID, MEDAN – Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali menggelar TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di seluruh wilayah Kodam se- Indonesia.

Hal ini dikatakan Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) I/BB Kolonel Inf. Zeni Djunaidhi, di Media Centre Makodam I/BB, Minggu (6/9/2020).

Kapendam mengatakan pelaksanaan kegiatan operasi Bakti TNI yakni TMMD mulai dari 22 September 2020 hingga 21 Oktober 2020 mendatang.

“Adapun tujuan TMMD ini, dalam rangka mempercepat pemerataan pembangunan di daerah miskin, tertinggal, terisolir dan terpencil, daerah kumuh perkotaan, daerah perbatasan dan pulau terluar, serta daerah yang terkena dampak bencana alam,” ungkap Kapendam.

Menurutnya, Operasi Bakti TNI atau TMMD yang ke 109 ini akan dilaksanakan secara serentak, terpadu bersama Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah siap dilaksanakan di 6 Kodim (Satgas TMMD) di Kodam I/BB.

“Ada 6 Kodim yang ikut serta yakni, Kodim 0201/BS, Kodim 0208Asahan, Kodim 0210/Taput, Kodim 0302/Inhu, Kodim 0311/Pesel, Kodim 0317/TBK,” kata Kapendam.

Tambah Kapendam, kegiatan TMMD yang digelar ini merupakan arahan Kasad melalui Asisten Teritorial (Aster) Kasad selaku Penanggung Jawab Operasional (PJO) TMMD Mayjen TNI Nurchahyanto saat Rapat Koordinasi Teknis atau Rakornis TMMD ke 109.

“TMMD ke 109 mengusung tema, TMMD Wujud Nyata Pengabdian Untuk Negeri,” tuturnya.

Kapendam berharap, Satgas dalam pelaksanaannya bisa berkoordinasi baik dengan semua pihak, sehingga terjalin sinergitas untuk mengoptimalkan hasil TMMD yang ke 109 bisa terarah, tepat sasaran untuk mewujudkan Desa sebagai percontohan desa yang berwawasan kebangsaan.

“Semoga kerja sama dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan hasil TMMD semakin meningkat dan optimal serta dapat bermanfaat bagi masyarakat,” tutupnya.(Jai)