Polres Tobasa Resmi Berganti Nama Menjadi Polres Toba

TOBA – Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya secara resmi mengumumkan pemakaian nama Polres Toba dari sebelumnya Polres Toba Samosir, Selasa (24/11/2020).

“Bahwa dengan perubahan nomenklatur Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba, kami dari Polres juga menyesuaikan. Sehingga pimpinan Polri dalam hal ini menyetujui dengan surat keputusan Nomor: KEP/1637/VIII/2020 tanggal 07 Agustus 2020 tentang perubahan Nomenklatur Kepolisian Resort Toba Samosir Polda Sumatera Utara menjadi Kepolisian Resort Toba,” sebut Kapolres Akala dalam sambutannya di Aula Harungguan Mardemak, Mapolres Toba.

“Oleh karena itu, pada hari ini kami dari Polres Toba melakukan peresmian pemakaian nomenklatur yang baru, yaitu dari Polres Toba Samosir menjadi Polres Toba dan menyesuaikan, khususnya dalam hal administrasi dan surat lain yang berhubungan dengan Polres Toba,” imbuhnya.

Kapolres Akala juga meminta kerjasama dari seluruh warga dalam menjaga situasi Kamtibmas, khususnya jelang perhelatan pesta demokrasi Pilkada 2020 pada 9 Desember mendatang.

“Kami mohon kerjasama bapak/ibu mendukung Polres Toba untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban khususnya dengan menjunjung tinggi pola adat “Dalihan Natolu” yang berlaku di daerah kita ini, mematuhi aturan/peraturan yang berkaitan dengan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serta menaati peraturan pemerintah terkait dengan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Sementara itu Pjs Bupati Toba, Harianto Butarbutar mengucapkan selamat atas perubahan nomenklatur Polres Toba Samosir menjadi Polres Toba.

“Pemerintah Kabupaten Toba dan seluruh masyarakat menyampaikan selamat kepada Kapolres Toba dan seluruh jajarannya atas penyesuaian nama Polres Toba Samosir menjadi Polres Toba,” ucapnya.

Penyesuaian Nomenklatur ini merupakan tindaklanjut dari peraturan pemerintah Nomor 14 tahun 2020 tentang perubahan nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba di Provinsi Sumatera Utara.

“Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Toba mengapresiasi Polres Toba karena merupakan instansi vertikal pertama di wilayah Kabupaten Toba yang menyesuaikan Nomenklatur dengan penyesuaian nama Kabupaten Toba,” jelasnya.

Ia pun berharap, seluruh instansi yang ada di Kabupaten Toba bisa segera melakukan penyesuaian sebagaimana yang dilakukan Polres Toba.

“Untuk itu pemerintah Kabupaten Toba mengajak saudara-saudari sekalian mengapresiasi perubahan nama Kabupaten tersebut dengan menyesuaikan nomenklatur baik di lingkungan kerja masing-masing maupun di kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.(Ald)