Kenali 4 Tanda Imunitas Tubuh Lemah

JAKARTAMenjaga kekuatan imunitas tubuh menjadi fokus banyak orang sejak pandemi Covid-19 muncul. Memiliki imunitas tubuh yang kuat akan berdampak pada kesehatan, umumnya mereka tidak mudah terserang penyakit.

Sistem kekebalan tubuh bekerja sepanjang waktu untuk membuat kita tetap sehat. Oleh karenanya, sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh kita agar kuat dengan makan sehat dan menjalani gaya hidup sehat.

Hal-hal seperti stres, kecemasan, terlalu banyak minuman beralkohol akan dapat berdampak negatif pada kekebalan kita dan dapat membuat kita rentan terkena infeksi. Jika kamu bertanya-tanya tentang cara mengevaluasi kesehatan sistem kekebalan kamu, berikut kita ulas 4 tanda kalau sistem imun tubuh kita sedang lemah.

  1. Sering Sakit dan Butuh Waktu Lebih Lama Untuk Sembuh

Sering jatuh sakit adalah salah satu tanda kekebalan tubuh yang lemah. Memiliki sistem kekebalan yang lemah tidak memungkinkan tubuh untuk menghilangkan bakteri, jamur, virus berbahaya. Akibatnya, kita akan menjadi lebih rentan terkena infeksi.

Hal yang sama, berlaku untuk semua jenis luka atau luka yang membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Sesuai laporan American Academy of Allergy Asthma and Immunology, jika kita harus minum lebih dari dua rangkaian antibiotik dalam setahun dan bahkan infeksi bakteri sederhana ternyata parah untuk kita, kita mungkin sedang menderita gangguan imunologi dan diharuskan berkonsultasi ke dokter.

  1. Merasa Sangat Lelah

Jika kamu merasa lelah bahkan setelah bangun tidur, itu bisa menjadi tanda bahwa sistem kekebalan kamu sedang menurun. Sistem kekebalan yang lemah membutuhkan lebih banyak energi Anda daripada biasanya. Tubuh kamu membutuhkan lebih dari tingkat energi normal untuk terus melawan infeksi. Akibatnya, kamu mungkin merasa lelah sepanjang waktu.

  1. Masalah Perut

Menurut Universitas John Hopkins, sebagian besar sistem kekebalan tubuh terletak di usus kita. Saluran gastrointestinal kita memiliki bakteri baik yang melepaskan antibodi untuk melawan infeksi. Dengan demikian, jika terjadi ketidakseimbangan pada bakteri usus, kamu akan lebih mudah tertular infeksi.

Itu juga membuat seseorang rentan terhadap penyakit autoimun dan berbagai kondisi peradangan lainnya. Bakteri usus juga berperan besar dalam pencernaan. Jadi, jika kamu sering mengalami masalah perut seperti diare atau sembelit, itu bisa jadi pertanda bahwa kamu memiliki sistem kekebalan yang lemah.

  1. Masalah Mulut

Sariawan bisa terjadi saat kamu menggigit lidah atau pipi kamu sendiri. Namun, seringnya sariawan bisa menjadi indikasi sistem kekebalan yang lemah. Stres juga dapat menyebabkan sariawan, yang juga merupakan tanda sistem kekebalan yang melemah. (okz)