Kemensos Salurkan Bantuan Penyandang Disabilitas LKS GBKP Alpha Omega

KARO – Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual Kartini Temanggung serahkan bantuan bagi penyandang disabilitas Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) GBKP Alpha Omega di Desa Lingga, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Kamis (24/6/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting, Anggota DPR RI Komisi VIII Rudi Hartono Bangun dan Kepala Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual Kartini Temanggung Juena Br Sitepu.

Adapun bantuan yang diserahkan Kemensos diantaranya berupa modal usaha, ternak sapi, biri-biri, peralatan alat pel, keterampilan akrilik, mesin jahit dan mesin pertanian sederhana, peralatan keyboard, kursi roda, sepeda motor viar, dan lainnya.

Kepala Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual Kartini Temanggung Juena Br Sitepu dalam sambutannya menyebutkan Balai Besar Kartini Temanggung memberikan layanan dalam bentuk atensi baik vokasional maupun kewirausahaan bagi masyarakat yang membutuhkan terutama bagi penyandang disabilitas.

“Salah satu yang menjadi sasaran pelayan vokasi dan Kewirausahaan Balai Besar Kartini ini adalah di Kabupaten Karo tepatnya LKS GBKP Alpha Omega” kata Juena Br Sitepu.

“Dengan harapan melalui bantuan ini penyandang disabilitas memiliki usaha, memiliki kemandirian dan memiliki penghasilan agar mereka tidak tergantung kepada orang lain.

Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting menyebutkan atas nama Pemerintah Kabupaten Karo mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kementerian Sosial RI dan Anggota DPR RI Komisi VIII Bapak Rudi Hartono Bangun atas perhatian dan bantuan yang di berikan kepada penyandang disabilitas yang berada di Alpha Omega GBKP ini.

“Kiranya bantuan ini berguna dan bermanfaat untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri penyandang disabilitas penerima manfaat dengan harapan mereka bisa lebih mandiri lagi dan lebih berkreasi dan semakin percaya diri kedepannya,” imbuh Wakil Bupati.

Anggota DPR RI Rudi Hartono Bangun menyebutkan kami membutuhkan masukan dari Pemerintah Daerah maupun masyarakat tentang apa-apa saja kebutuhan masyarakat kurang mampu sekaitan dengan kinerja Kementerian Sosial.

“Kita berharap Kementerian Sosial lebih banyak lagi menyasar dan memberi bantuan kepada masyarakat penerima manfaat,” ungkap Anggota DPR RI Rudi Hartono Bangun.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol covid-19 dengan memakai masker, mencuci tangan / hand sanitizer dan jaga jarak.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut kapolres tanah karo AKBP. Yustinus Setyo, SIK, Dandim 0205/TK Letkol Kav Eko Yuli Hadiyanto, Kadis Sosial Benyamin Sukatendel, Kadis Pertanian Metehsa Karo-karo, Kadis Pendidikan Eddi Surianta, Ketua Moderamen GBKP Pdt. Krismas Imanta Barus, Kabag Humas Protokol Frans Leonardo Surbakti.(Jai)