Kemendagri Tekankan Konsep New Normal Life Pemda Inovatif

MEDAN – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI akan menggelar Lomba Inovasi Daerah Dalam Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 bagi seluruh pemerintah provinsi/kabupaten/kota seluruh Indonesia. Tujuannya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat secara luas tentang kondisi new normal lewat audio visual.

Hal ini dikatakan ketika Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kota Medan Purnama Dewi mengikuti rapat bersama Kemendagri RI melalui video conference di Command Center, Balai Kota Medan, Jumat (29/5/2021). Adapun rapat dipimpin Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri RI M Hudori.

Dikatakan Sekjen Kemendagri RI M Hudori, pandemi Covid-19 telah mengubah tatanan sosial dan ekonomi di seluruh dunia termasuk Indonesia. Maka dari itu bilang Hudori, dibutuhkan kerjasama untuk menghadapi dan menangani permasalahan serius tersebut.

“Masalah Covid-19 belum dapat dipastikan kapan selesainya sehingga pusat dan daerah harus bangkit bersama secara paralel untuk menciptakan iklim kondusif. Selain itu, penanganan Covid-19 menjadi wahana pemerintah daerah (pemda) untuk berinovasi guna menekan angka penularan,” kata Hudori.

Disamping itu, lanjut Hudori, latar belakang digelarnya lomba inovasi dalam bentuk video yang berdurasi 1,5 menit ini guna memacu berbagai pikiran dan kreatifitas pemda. “Adapun ketentuan video yang dibuat yakni simulasi rill new normal life di tempat objek yang dibuat pada 7 sektor yang ditentukan yakni pasar tradisional, pasar modern, restoran, hotel, kantor pelayanan terpadu satu pintu (PTSP), tempat wisata dan transportasi umum,” jelasnya.

Lomba inovasi ini bilang Hudori diikuti seluruh pemda provinsi/kabupaten dan kota se-Indonesia sesuai dengan syarat dan ketentuan lomba yang berlaku. “Kami menyarankan keterlibatan kepala daerah untuk memberikan arahan bahkan ikut langsung dalam video tersebut. Semoga dapat dibuat seinovatif dan sekreatif mungkin. Bagi pemda yang menang akan menerima reward (penghargaan) nantinya, pungkasnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Purnama Dewi mengaku akan mempersiapkan segala sesuatunya dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Sebelumnya, hasil rapat juga akan disampaikan kepada Plt Wali Kota.

“Insha Allah, kita akan persiapkan sehingga nantinya dapat membuat video yang inovatif. Kita tentu berharap upaya ini dapat memberikan informasi dan edukasi secara jelas kepada masyarakat tentang new normal life yang akan dilakukan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan agar tetap terjaga dari kemungkinan penularan Covid-19,” ungkap Purnama.(RRL)