Kegiatan Belajar Online Pemkab Sergai Diperpanjang

SERGAI – Kegiatan belajar dari rumah bagi peserta didik, Pendidik dan tenaga Kependidikan diperpanjang sampai dengan 12 Juni 2020.

Hal tersebut, dikatakan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman, dalam konferensi pers, Rabu(3/5/2020).

Bupati menyampaikan perkembangan aktivitas Kegiatan Belajar Mengajar sesuai Surat Edaran Bupati Serdang Bedagai Nomor 18.11/800/2931/2020 tentang Perpanjangan Kegiatan Belajar Mengajar dari Rumah bagi Peserta Didik, Tenaga Pendidik (guru) dan Tenaga Kependidikan untuk mengatasi Resiko Penularan dan Infeksi Covid19 di Satuan Pendidikan.

“Sedangkan untuk kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2020/2021 dilaksanakan secara daring (online) dan transparan dengan tidak mengumpulkan peserta didik maupun orang tua. Pengumuman pendaftaran dan pengumuman daya tampung sekolah akan dimulai pada hari Senin s/d Sabtu tanggal 22- 27 Juni 2020,” ujar Soekirman.

Penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang TK/PAUD, SD, SMP akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juni s/d 2 Juli 2020. siswa yang diterima akan diumumkan pada hari Senin, tanggal 06 Juli 2020 oleh pihak panitia sekolah kemudian pendaftaran ulang siswa akan dilaksanakan pada hari Selasa s/d Jum’at tanggal 07–10 Juli 2020 oleh pihak panitia sekolah. Persiapan pembukaan tahun pelajaran 2020/2021 pada hari Sabtu, 11 Juli 2020 yang akan dilaksanakan oleh panitia sekolah serta pembukaan tahun pelajaran 2020/2021 pada hari Senin, 13 Juli 2020.

“Sebelum memulai belajar kembali di sekolah dengan tatanan New Normal, maka satuan pendidikan di Kabupaten Serdang Bedagai agar menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun (CTPS) ataupun hand sanitizer di depan kelas dan alat pengukur suhu tubuh (thermo scanner). Seluruh sarana dan prasarana pendidikan dibersihkan secara rutin minimal 2 kali dalam sehari yaitu sebelum dan sesudah Kegiatan Belajar Mengajar serta seluruh ruangan disemprot cairan desinfektan,” ungkap Bupati.

Selain itu, seluruh satuan pendidikan melakukan pemantauan kesehatan secara rutin termasuk sebelum Kegiatan Belajar Mengajar berlangsung. Seluruh siswa agar dipantau apakah mengalami gejala yang mengarah kepada Covid19 seperti batuk, demam di atas 38 derajat, pilek, sesak nafas dan atau diare serta kehilangan indera perasa dan atau penciuman secara tiba-tiba.

Seluruh warga sekolah juga diwajibkan memakai masker selama berada di lingkungan sekolah, mengatur jarak duduk peserta didik dan guru minimal 1,5 meter serta menerapkan physical distancing di seluruh lingkungan sekolah.

Terakhir, Bupati menyampaikan kondisi terkini sebaran Covid-19 di Kabupaten Sergai. Berdasarkan data dari Gugus Tugas per tanggal 1 Juni 2020 sebagai berikut :

  1. Warga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 8 orang,
  2. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 3 orang.
  3. Orang Tanpa Gejala (OTG) berjumlah 2 orang
  4. Positif Covid-19 sebanyak 4 orang, seorang diantaranya meninggal dunia beberapa waktu yang lalu dan 2 orang warga Positif Covid-19 saat ini sedang dalam perawatan RS GL Tobing Tanjung Morawa Kab Deli Serdang dan 1 orang dinyatakan sembuh.

Melihat kondisi terkini tersebut, Bupati mengajak seluruh unsur masyarakat, mari bersama-sama melakukan aksi preventif untuk menjamin Kabupaten kita ini tetap dalam keadaan aman, nyaman dan tidak beranjak dari status zona kuning dengan tidak bertambahnya warga kita yang terpapar positif Covid-19.

Bupati mengimbau masyarakat agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan menjaga kebersihan diri, rajin mencuci tangan dengan sabun, pakai masker setiap beraktivitas di luar rumah, rutin berolahraga dan makan makanan yang bergizi untuk menjaga keseimbangan dan immunitas tubuh.

“Sayangi diri kita, sayangi keluarga, sayangi masyarakat Kabupaten Sergai. Lawan Covid-19, kita bisa!” ujar Bupati.

Bupati juga berharap musibah ini cepat berlalu dan kita dapat memulai membiasakan diri dengan Tatanan Kehidupan Baru (New Normal) dengan tetap menerapkan seluruh protokol kesehatan pencegarahan penularan Covid19 di Kabupaten Serdang Bedagai.

“Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441H Mohon Maaf Lahir dan Batin. Mari kita doakan supaya wabah ini segera berakhir di Kabupaten Sergai,” tutupnya.(Jai)