Kecamatan PSP Utara Sabet Juara Umum MTQ XX 2021

JELAJAHNEWS.ID, P.SIDIMPUAN – Walikota Padangsidimpuan ( PSP) Irsan Efendi Nasution SH secara resmi menutup kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQ) XX Tahun 2021 tingkat Kota Padangsidimpuan, di lapangan bola SMKN 2 Kota Padangsidimpuan, Sabtu malam (7/3/2021).

Kecamatan Padangsidimpuan Utara kembali berhasil menyabet Juara Umum ke dua kali berturut-turut dalam perhelatan MTQ XX tersebut, sesuai dengan hasil pengumuman Dewan Hakim.

Selanjutnya disusul Kecamatan P.Sidimpuan Selatan (sebagai juara II), dan Kecamatan P.Sidimpuan Tenggara (sebagai juara III).

MTQ dilaksanakan selama dua hari, atau tepatnya 4 sampai 6 Maret 2021, di lapangan SMKN 2. Dengan tema ‘Mengawal Padangsidimpuan Berkarakter pada masa Pandemi Covid-19 dengan mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an’.

Dalam sambutanya, Walikota P.sidimpuan Irsan Efendi Nasution mengucapkan terima kasih ke panitia dan dewan hakim berikut peserta (qori-qoriah) serta pihak keamanan yang telah mensukseskan agenda rutin tahunan ini di Kota Padangsidimpuan.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan acara ini. Kita bersyukur, walau di tengah pandemi dan keterbatasan. Semoga persembahan dan ikhtiar kita memuliakan Al-Qur’an mendapat barokah dan hidayah dari Allah,” ucapnya, Sabtu (6/3/2021) malam.

Lebih lanjut dikatakan walikota, walau kegiatan MTQ tersebut sudah berakhir, akan tetapi bukan berarti semangat kita untuk membaca, menghayati dan mendalami serta mengamalkan Al-Qur’an pun meng Al-Quran kan diri kita dalam kehidupan sehari hari.

“Mari menjadikan momen pelaksanaan MTQ ini sebagai jembatan bagi pribadi masing masing mengubah haluan hidup menjadi insan yang menjungjung tinggi nilai nilai Al-Qur’an dalam kehidupan bermasyarakat,”a jak walkot.

Terakhir, Irsan juga mengucapkan, “Selamat kepada qori-qoriah, hafiz-hafizhoh yang meraih juara, semoga prestasi ini bisa dipertahankan serta ditingkatkan. Yang belum juara, jangan berkecil hati. Terus belajar dan asah serta tingkatkan kemampuannya,” pesan walkot disituasi hujan dengan penuh rahmat.

Sementar Siwan Siswanto dalam sambutanya mengatakan, ” Pelaksanaan musabaqoh merupakan sebuah wahana dalam rangka memacu pengembangan tilawah, Hafalan serta pendalaman isi al-quran, upaya yang dilakukan tidak boleh berhenti sampai disini.

Kegiatan syiar islam ini, Sambung Ketua DPRD, akan menjadi sia-sia dan percuma apabila tidak berpengaruh ditengah masyarakat, untuk itu, diperlukan perhatian, keterlibatan jajaran pemerintah, agar acara kegiatan musabaqoh tilawatil qur’an ini bisa memberi pengaruh positif yang nyata dalam perkembangan kehidupan masyarakat kedepan.

Kepada Qori-qoriah Hafiz hafizhoh yang meraih peringkat juara dalam MTQ ini, saya ucapkan selamat dan semoga prestasi ini bisa dipertahankan di masa mendatang.

Bagi anggota, kata Ketua DPRD, Kafilah yang belum berhasil menunjukkan prestasinya dalam even MTQ ini, agar terus berlatih dan memacu diri untuk berprestasi di kesempatan – kesempatan yang akan datang.

Siwan Siswanto juga mengingatkan, baik kepada yang menang maupun yang belum, bahwa semangat bermusabaqoh untuk meraih penghargaan tidak selakyaknya sampai mengeser niat ikhlas untuk meningkatkan syiar al-quran dan membedayakannya dalam kehidupan umat islam

” Saya atas pribadi dan DPRD kota P.sidimpuan, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada seluruh panitia dan jajaran para juri yang telah bekerja maksimal dan memberikan penilaian yang objektif selama berlangsungnya lomba dari berbagai cabang yang dilombakan pada MTQ tahun ini,” ucapnya.

Selain itu Siwan Siswanto berharap dari obyektifitas itu akan melahirkan qori dan qori”ah, hafiz dan hafizah terbaik di kota padangsidimpuan yang akan mengukir prestasi gemilang di event-event selanjutnya.

“Semoga partisipasi semua pihak dalam mendukung dan mensukseskan penyelenggaraan MTQ tingkat kota P.sidimpuan tahun 2021 ini menjadi amal saleh yang diridhoi Allah SWT,” tuturnya. ( Irul Daulay)