oleh

Kaum Ibu Fondasi Utama Lahirkan Keluarga Sehat

JELAJAHNEWS.ID, Medan – Tak bisa dipungkiri, kaum ibu merupakan fondasi utama dalam melahirkan keluarga yang sehat dan hebat.

Karena umumnya, ibu merupakan sosok yang memiliki porsi lebih banyak baik dari segi waktu maupun energi dalam mengatur urusan rumah tangga. Untuk itu, penting bagi kaum ibu agar selalu meningkatkan kapasitas diri agar perannya sebagai fondasi utama keluarga semakin kukuh.

Hal ini disampaikan Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Nawal Lubis saat menjadi narasumber dalam Webinar bertajuk ‘The Wonderful Woman’ yang diselenggarakan Pengurus Daerah (Pengda) Perkumpulan Bekam Indonesia (PBI) Sumut dan TP PKK Sumut di Medical Hijamah Complementary Clinic (MHCC), Jalan Masjid Nomor 16 Tanjung Rejo Medan, Minggu (28/6/2020).

“Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih kuat lagi, jangan lemah. Kita pantau nutrisi anak dan suami kita agar mencukupi, sehingga mereka memiliki imun kuat, tubuh sehat dan mudah-mudahan terhindar dari Covid-19. Saat keluar rumah, juga kita ingatkan agar patuh terhadap protokol kesehatan,” ujar Nawal.

Selain kesehatan dan kondisi fisik di masa pandemi, Nawal juga mengingatkan agar para ibu peka terhadap kesehatan mental diri dan keluarga. Situasi yang bisa disebut dengan serba ketidakpastian saat ini tentu memiliki pengaruh besar terhadap kondisi psikologi individu.Salah satu cara menjaga kesehatan mental keluarga adalah bijak memilah informasi.

“Karena banyak orang yang saat ini menambah kecemasan-kecemasan sendiri serta menambah kepanikan di tengah masyarakat akibat mempercayai hoaks yang beredar. Alangkah lebih baiknya agar kita hanya mencari informasi dari sumber yang terpercaya dan hindari membaca informasi atau berita-berita negatif,” katanya.

Nawal pun mengucapkan apresiasi atas terselenggaranya webinar yang diselenggarakan khusus untuk kaum perempuan tersebut. Diharapkan semakin banyak lagi kegiatan webinar serupa yang bisa diikuti kaum ibu khususnya sebagai sarana untuk meningkatkan kapasitas diri dan ajang silaturahmi.

Sebelumnya, Ketua Pengda PBI Sumut, Qadri Fauzi Tanjung menyampaikan ucapan salam pembuka Webinar dan menyapa seluruh peserta. Dikatakannya, tujuan diselenggarakannya webinar adalah untuk menyediakan ruang pembelajaran bagi kaum perempuan dalam rangka meningkatkan kualitas diri dan wawasan khususnya di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi yang mengikuti dan bisa menyuntikkan semangat yang luar biasa dalam diri dan kehidupan kita usai mengikuti webinar ini,” harapnya.

Webinar yang dilangsungkan secara live melalui aplikasi zoom diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari Sumut dan provinsi lain di Indonesia. Acara yang juga didukung oleh PBI Pusat ini menghadirkan pembicara lainnya yakni Korbid Diklat Pengda PBI Sumut Esty Budi Rahayu dengan materi Tips Cantik Sehat di Era New Normal dan Bendahara Pengda PBI Sumut Ummi Azza yang membawakan materi berupa demo masker natural. (IP)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •