Kadis Kesehatan Medan Sebut 15.804 Orang Divaksin Booster II Covid-19

JELAJAHNEWS.ID – Dinas Kesehatan Kota Medan terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi booster ke II Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dr. Taufik Ririansyah menjelaskan capaian vaksinasi booster ke II Covid -19 di Medan telah mencapai 15.804 orang atau 7,09%.

Jumlah itu terdiri dari SDM Kesehatan sebanyak 9.406 orang atau 50,22%, Lansia sebanyak 3.272 orang atau 1,60%, petugas publik sebanyak 552 orang atau 0.37%, masyarakat umum dan rentan sebanyak 2.533 orang atau 0,19% dan remaja sebanyak 40 orang atau 0,02%.

“Sejak dimulainya vaksinasi booster tahap ke II covid-19, Pak Wali Kota Medan Bobby Nasution telah memerintahkan kepada kita untuk melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi booster ke II tersebut. Dari data KPC PEN yang ada saat ini jumlah masyarakat kota Medan yang sudah di vaksinasi booster ke II mencapai 15.804 orang atau 7.09%,” kata Taufik Ririansyah, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (1/2/2023).

Dijelaskan Taufik, masyarakat Medan yang ingin melakukan vaksinasi booster ke II, dapat mendatangi langsung seluruh Puskesmas yang ada di Kota Medan dan juga beberapa Rumah Sakit di Kota Medan salah satunya adalah RSUP H Adam Malik di jam-jam operasional dengan syarat membawa KTP.

Masyarakat yang ingin memperoleh vaksinasi booster tahap ke II dapat langsung mendatangi Faskes Pemerintah seperti Puskesmas dan beberapa Rumah Sakit di Medan dengan membawa kartu identitas penduduk.

“Untuk vaksin booster ke II ini yang kita sediakan adalah vaksin Pfizer. Nanti dosisnya akan kita tentukan sesuai dengan vaksin primer yang sebelumnya telah disuntikan kepada masyarakat,” jelas Taufik Ririansyah.

Adapun manfaat dari vaksinasi booster ke II covid-19 ini sebut dr. Taufik Ririansyah ialah untuk meningkatkan kembali imunitas dan kekebalan tubuh bagi si penerima vaksin booster pertama sehingga tidak mudah tertular covid-19 dengan berbagai variannya.

“Jadi masyarakat yang telah melakukan vaksinasi booster pertama itu setelah enam bulan terjadi penurunan antibodi sehingga diharapkan setelah dilakukannya penyuntikan vaksinasi booster dosis ke II covid-19 ini terjadi kembali peningkatan antibodi bagi si penerima vaksin, artinya imunitas dan kekebalan tubuh mereka pun kembali meningkat terhadap penyakit covid-19 beserta varianya,” ujar Taufik.

Oleh sebab itu Taufik Ririansyah menghimbau kepada masyarakat Medan untuk segera melakukan vaksinasi booster ke II covid-19 agar kesehatan dan keselamatan nya lebih terjamin meskipun adanya covid-19 dan varian-varian lainya.

“Kepada masyarakat yang telah melakukan vaksinasi booster pertama covid-19, harus manfaatkanlah kesempatan ini untuk melakukan vaksinasi booster ke II covid-19 sehingga kesehatan dan keselamatan kita dapat lebih terjamin dari serangan covid-19 dan berbagai varian lainya, ” ajak Taufik sembari mengatakan saat ini ketersediaan vaksinasi covid-19 masih mencukupi di setiap Puskesmas.(jns/jai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

65 komentar