Jelang Pergantian Tahun, Kodam I/BB Himbau Masyarakat Tidak Buat Perayaan Timbulnya Kerumunan

JELAJAHNEWS.ID, MEDAN – Kodam I/BB dalam menyongsong Tahun Baru 2021, mengajak dan menghimbau warga masyarakat maupun pelaku usaha untuk tidak membuat perayaan pergantian tahun baru yang dapat menimbulkan kerumunan dan berpotensi menyebarkan Covid-19.

Hal ini disampaikan Kepala Penerangan Kodam I/BB (Kapendam I/BB) Kolonel Inf. Zeni Djunaidhi S.Sos, terkait kesiapan Kodam I/BB dalam menyongsong Tahun Baru 2021, kepada wartawan di Media Center, Makodam I/BB, Selasa (29/12/2020).

Dikatakan Kolonel Zeni, setiap pergantian tahun biasa dirayakan oleh masyarakat dengan caranya masing-masing, ada yang merayakan dirumah saja bersama keluarga dan ada yang menyambutnya dengan pesta kembang api, konser musik dan lain sebagainya sebagai ungkapan rasa gembira menyambut tibanya tahun baru yang diharap akan membawa harapan baru, akan tetapi tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena tahun ini kita sedang dalam masa pandemi corona virus disease 2019 (COVID-19).

Untuk itu sambutlah malam pergantian Tahun Baru 2021 dengan penuh khidmat dan tidak dengan keramaian yang menimbulkan banyaknya kerumunan massa sehingga dikhawatirkan memicu penyebaran Covid-19, bila perlu kita menyambut malam pergantian tahun dengan doa dirumah masing-masing untuk memohon kepada Tuhan Yang Esa agar wabah virus corona cepat teratasi dan itu akan lebih bermanfaat bagi kita semua, ucap Kolonel Zeni.

Lebih lanjut Kapendam mengatakan, dengan adanya peraturan Gubernur Sumut Nomor 360/9626/2020, bahwa kepada warga masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dalam negeri, khususnya yang memasuki wilayah jajaran Kodam I/BB dan Sumut dalam kurun waktu 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 wajib melakukan Rapid Test Antigen.

Sesuai arahan Pangdam I/BB, Mayjen TNI Hassanudin, S.I.P, M.M, kepada prajurit jajaran Kodam I/BB yang melaksanakan kegiatan Protokol Kesehatan Covid – 19, laksanakan tugas ini dengan penuh rasa tanggungjawab karena kita Garda terdepan dalam penanganan Covid – 19 guna membantu pemerintah, tetap utamakan Protokol Kesehatan sesuai anjuran pemerintah dengan menerapkan 3M memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

Bagi Prajurit jajaran Kodam I/BB yang terlibat dalam pengamanan malam pergantian Tahun 2021 bersinergilah dengan Polri dan selalu waspada dengan mengaktifkan Binkomsos sebagai upaya preventif dalam mencegah dan menangkal segala hal-hal yang bisa mengganggu kondusifitas di wilayah, tegas Mayjen Hassanudin.

“Mari kita manfaatkan moment ini sekaligus sebagai momentum untuk introspeksi dan evaluasi terhadap kinerja kita selama tahun 2020, dengan harapan apa yang telah dicapai dalam tahun 2020 dapat ditingkatkan lagi di tahun 2021,” tutup Kolonel Zeni.(Jai)