Jelang Operasi Lilin Toba 2022, Polres Simalungun Dirikan 21 Pos PAM

JELAJAHNEWS.ID – Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung memimpin kegiatan Tactical Floor Game (TFG) pada seluruh personel terkait Operasi Lilin Toba 2022.

Kegiatan ini diikuti para Kabag, Kasat Fungsi dan personel Polres digelar di Lapangan Olah Raga Aspol Polres Simalungun Jalan Sangnawaluh Pematang Siantar, Sabtu (17/12/2022).

Operasi Lilin Toba 2022 ini Polres Simalungun akan mendirikan 21 Pos Pengamanan (PAM) dengan rincian 20 Pos PAM dan 1 Pos Pelayanan (YAN).

Hal ini merupakan bentuk kesiapan Polres Simalungun dalam melaksanakan Operasi Kepolisian menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Pada saat melaksanakan pengamanan arus lalu lintas Natal 2022 dan tahun baru 2023 di Pos PAM dan Pos YAN, jika menghadapi situasi terjadi kepadatan dan lonjakan arus lalu lintas harus sudah dapat memahami tugas dan tanggung jawab di Pos PAM tersebut,” ujar Ronald kepada JelajahNews id, Sabtu (17/12/2022).

Ronald menjelaskan pada seluruh personel, ada beberapa titik-titik Pos PAM yang tidak bisa dilewati kendaraan bermotor dengan 2 jalur dan hanya 1 jalur saja yang dapat di lintasi kendaraan.

Ia mencontohkan seperti Pos PAM Simpang Palang Dolok Panribuan, disana setiap kendaraan bermotor yang melintas mengarah Parapat harus dialihkan melalui jalan menuju Sitahoan, kecuali kendaraan membawa sembako atau kendaraan pertamina.

 

Kendaraan yang melintas dari arah Pematang Siantar menuju arah Medan, sebut Ronald, juga dialihkan ke Simpang Sinaksak masuk ke Tol Sinaksak untuk memberi kelancaran arus lalu lintas kendaraan yang datang dari arah Medan menuju Pematang Siantar.

“Jika ditemukan kendararaan sepeda motor yang tujuannya Kota Parapat yang memakai knalpot tidak sesuai peruntukannya (knalpot blong) agar diberhentikan dan dilarang jalan, kemudian beri penjelasan bahwa suara knalpot sepeda motor dapat menggangu ketertiban umum bagi pengunjung yang berada di kota wisata Parapat dan diarahkan untuk putar arah kembali pulang,” tegas mantan Kapolres Taput ini.

Adapun titik-titik lokasi Pos PAM dan Pos YAN yang didirikan Polres Simalungun dalam Operasi Lilin Toba 2022:

Pos PAM 1 Pos Polisi Simpang Dolok Merangir.
Pos PAM 2 SMK Negeri 3 Beringin.
Pos PAM 3 Pintu Tol Sinaksak.
Pos PAM 4 ST 30 Ruas Jalan lintas Tol Sinaksak-Dolok Marawan.
Pos PAM 5 ST 41 Ruas Jalan lintas Tol Sinaksak-Dolok Marawan.
Pos PAM 6 Depan Eks Akademi Kebidanan Henderson Sinaksak.
Pos PAM 7 jalur lintas Saribudolok.
Pos PAM 8 Simpang Tiga Runggu.
Pos PAM 9 Raya Usang.
Pos PAM 10 Simpang Pane.
Pos PAM 11 Pelabuhan Tiga Ras.
Pos PAM 12 Simpang Bah Sampuran.
Pos PAM 13 depan Rumah Makan Mandailing Pondok Bulu.
Pos PAM 14 Simpang Palang Aek Nauli.
Pos PAM 15 Simpang Sitahoan Parapat.
Pos PAM 16 Pagoda Open Stage Parapat.
Pos PAM 17 Simpang Perlanaan.
Pos PAM 18 Simpang Kerasaan.
Pos PAM 19 Simpang PKS PT SIPEF.
Pos PAM 20 Pos Lantas Tanah Jawa.
Pos YAN di depan Pantai Bebas Parapat.

Turut hadir, Wakapolres Simalungun Kompol Efianto, Kabag Log Kompol Gering Damanik, Kabag SDM Kompol Joner Purba, Kabag Ren Kompol Lamhot Siregar, Kasat Reskrim AKP. Rachmat Aribowo, Kasat Narkoba AKP Adi Haryono, Kasat Samapta AKP P. Butar-butar, Kasat Binmas AKP Hengky B Siahaan, Kasi Propam Iptu B.Tobing, Kasiwas Iptu Riswan, para Perwira, para Bintara dan ASN. (JN-BTM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *