oleh

Jelang New Normal, Pemkab Toba Rapat Terbatas

TOBA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba adakan pertemuan tingkat pimpinan daerah ( Forkopimda) membahas tentang pelaksanaan New Normal mengantisipasi dampak Covid-19 di wilayah kabupaten Toba, bertempat di ruang rapat mini kantor Bupati Toba, Kamis 18/6/2020 pukul 09.45 WIB.

Dalam kesempatan itu, Bupati Toba Ir Darwin Siagian mengatakan perlunya ketegasan dalam pelaksanaan New Normal seperti tentang aturan, sanksi dan perlunya fakta Integritas termasuk ke tempat wisata, hotel dan tempat lain katanya.

Bupati berharap agar Pemkab melalui Dinas Perhubungan (Dishub) berkoodinasi dengan pihak Bandara Silangit tentang masyarakat Toba yang akan melakukan penerbangan dari Silangit.

“Bahan pembahasan tersebut diatas akan di bahas kembali oleh Sekda bersama OPD tentang aturan dan sanksi dalam pelaksanaan New Normal, dengan mengundang pengusaha dan para tokoh dalam mensosialisasikan tatanan Pelaksanaan New Normal di Kabupaten Toba,” ujar Bupati.

Sementara itu, mewakili Gugus Tugas dari Provsu Pak Butarbutar menjelaskan bahwa pelaksanaan New Normal ini memang sudah kita laksanakan, namun tetap perlu mematuhi aturan protokol yang walau daerah disini masih lampu kuning.

“Sampai sekarang ini tidak ada yang dapat menjamin tentang pelaksanaan New Normal,” ujar Butarbutar.

Selanjutnya, Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya mengatakan, perlunya diberikan sanksi terhadap pelanggar namun sangsi peraturan tersebut harus disosialisasikan terlebih dulu kepada masyarakat agar dapat diketahui.

“Pemerintah menghimbau masyarakat baik Instansi maupun perusahaan tentang tatanan New Normal termasuk sanksinya,” kata Kapolres

Lebih lanjut, Danramil Balige mengharapkan pemerintah membuat aturan atau Peraturan Bupati (Perbub) tentang sanksi pelanggar dengan jelas.

Kajari Balige juga menyampaikan walau daerah kita masih lampu kuning namun perlu ketegasan dalam pelaksanaan New Normal di tengah-tengah masyarakat, instansi maupun perusahaan

Ketua DPRD Toba Effendi Napitupulu juga mendukung pelaksanaan New Normal, namun perlu aturan dan tidak terlalu bebas misalnya seperti tempat wisata hotel dan lainnya. (red)

Berita Terkait