oleh

Jalin Sinergitas Dengan Insan Pers, Kodim 0212/TS Gelar Cofee Morning

JELAJAHNEWS.ID, P.SIDIMPUAN – Kodim 0212/Tapanuli Selatan menggelar Silaturahmi dan Coffee Morning Bersama Insan pers se-Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), di Aula Daulay Simorangkir Kodim 0212TS Jalan Imam Bonjol Kota Padangsidimpuan, Kamis (5/11/2020).

Kegiatan Silaturahmi dan Coffee Morning tersebut dilakukan dalam rangka komunikasi sosial dengan komponen bangsa di wilayah Kodim 0212/TS, bertemakan “Menjaga Keutuhan Dan Kemajuan Bangsa dalam Bingkai NKRI”

Dalam sambutanya, Dandim 0212/Ts Letkol Ifn Rooy Chandra Sihombing SIP mengucapkan terimakasih atas kehadiran Insan Pers Se-Tabagsel yang meliputi Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Tapsel, Paluta, Palas dan Madina.

Sebagai orang baru di Kodim 0212/TS atau bisa dikatakan stok lama karena sebelumnya bertugas di Bataliyon 123/RW sebagai Danyon, kata Letkol Ifn Rooy Chandra itu merupakan suatu kebanggaan baginya bertugas di Kodim 0212/Ts, apalagi seorang Istri yang mendampinginya orang Angkola.

Dikatakannya, kegiatan bersilaturahmi ini sangat penting bagi pihaknya, karena walau ditengah keterbatasan, menurut Rooy Chandra kemitraan itu harus tetap terjaga, kami sendiri sangat berterimakasih kepada rekan atau teman teman media, karena dengan adanya rekan rekan media apa apa saja kegiatan kegiatan kami jajaran Kodim 0212/Ts dapat terekpos dan diketahui masyarakat luas,lanjutnya.

“Prestasi yang kita raih kemarin kategori Satuan TNI Terbaik Media Online pada lomba karya jurnalistik KOHASGABPAD Penanganan Covid-19 Satuan Jajaran TNI (AD, AL, AU) dan Umum Wilayah Kodam I/BB tahun 2020, itu juga tidak terlepas dari peran rekan rekan media,” ujarnya.

Terakhir kata Rooy Chandra, mengajak seluruh komponen Se- Tabagsel untuk menyampaikan pun mengedukasi masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan agar masyarakat tidak terpapar Covid-19.

Roy juga mangajak para awak media mengambil peran dalam mendinginkan situasi pada Pilkada Tapsel dan Madina agar perhelatan Pilkada di dua daerah itu lancar, aman dan kondusif.

Sukri ( Ketua Organisasi Persatuan wartawan) dalam sambutanya mengatakan, dari tahun ke tahun hubungan TNI khususnya Kodim 0212/TS dengan awak media berjalan baik.

Oleh sebab itu, harmonisasi ini ia harap bisa dipertahankan, terlebih Letkol Inf. Rooy Chandra sudah terbiasa dalam berinteraksi dengan media di Tabagsel sejak menjabat Komandan Bataliyon Infantri 123/Rajawali.

“Terimakasih kepada Komandan Kodim 0212/TS yang telah menjaga kedaulatan NKRI di wilayah Tabagsel, yang antara lain melibatkan pers dalam prosesnya,” katanya.

Ia menyampaikan rasa syukurnya dalam masa pimpinan Letkol Inf. Rooy Chandra sebagai Danyon 123//Rajawali dan sebagai Dandim 0212/TS tidak ada konflik antara pers dengan prajurit TNI-AD.

Sukri mengakui, dalam pemberitaan yang beredar, kritik-kritik tajam terkadang menyasar kepada prajurit-prajurit Kodim 0212/TS.

Namun demikian, sebagai salah seorang yang aktif di dunia jurnalistik dan memimpin organisasi wartawan, Sukri Falah menjelaskan fungsi pers sangat jelas diatur dalam UU No. 40 Tahun 1999.

Oleh karena itu, baik TNI maupun institusi lainnya, kiranya dapat saling memahami.

“TNI punya Undang Undang, Polri punya Undang Undang, dan Pers juga punya Undang Undang. Nah, ini jangan menjadi saling beririsan dan apalagi saling melecehkan,” harapnya.

Kita berharap seluruh pekerja pers memiliki kompetensi dalam menyiarkan berita, khususnya wartawan yang sering memberitakan hal-hal yang terkait dengan Kodim 0212/TS.

“Banyak hal memang dalam apa yang ditemukan wartawan itu benar, namun jika itu menyangkut pertimbangan yang lebih besar, khususnya terkait SARA dan keutuhan NKRI yang dapat melucut provokasi, kiranya jangan dilanjutkan. Ini yang memang kita fokus,” ujarnya.

Terakhir, Sukri juga mengucapkan selamat kepada Kodim 0212/TS yang sukses meraih prestasi dalam kategori Satuan TNI Terbaik Media Online pada lomba karya jurnalistik KOHASGABPAD Penanganan Covid-19 Satuan Jajaran TNI (AD, AL, AU) dan Umum Wilayah Kodam I/BB tahun 2020.

“Semoga kemitraan antara Kodim 0212/TS dengan Pers se Tabagsel yang terjalin selama ini tetap menjadi yang terbaik sepanjang masa. Sehingga prestasi demi prestasi sukses tercapai sepanjang masa,” harapnya. (Irul Daulay)

News Feed