oleh

Jaga Kesehatan Pandemi Covid-19, Bupati Karo Donor Darah

JELAJAHNEWS.ID, KARO – Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH MH mendonorkan darahnya pada masa pandemi Covid-19. Hal itu guna menjaga kesehatan rutin sekaligus membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

Hal ini dikatakannya saat proses pengambilan darahnya oleh dr Arjuna Wijaya SpP sebanyak 300 ml. Kegiatan berlangsung di RSUD Kabanjahe, Sabtu (21/11/2020).

Menurut Terkelin, dalam situasi Pandemi Covid-19 ini, kesehatan tubuh tetap harus menjadi perhatian. Salah satunya adalah soal kekentalan darah, karena dapat menimbulkan penyakit, akibat bertahun tidak jadi donor.

“Mari jaga kesehatan kita melalui donor darah. Tubuh menjadi sehat, juga kemanusiaan menyentuh masyarakat, dengan menyumbangkan darah,” ujarnya. Bupati menambahkan donor darah kali ini tetap harus mematuhi protokol kesehatan.

Sementara itu, Dirut RSUD Kabanjahe dr Arjuna Wijaya SpP menyebutkan, program donor darah secara rutin merupakan suatu program menjaga kesehatan yang baik dan benar, serta meningkatkan daya tahan tubuh, jika darah secara rutin atau berkala didonorkan.

Lebih lanjut kata Arjuna, pendonoran darah oleh bupati, merupakan sepak terjang yang seyogianya dapat menggugah masyarakat, sebagai salah satu untuk menjaga kesehatan dengan cara program donor darah.

Kemudian, tambah Arjuna, jangan pernah takut karena berpikir pengambilan darah berlangsung begitu saja. Sebelum pengambilan darah, tim medis akan mengikuti tahapan yang perlu melalui pengecekan. Mulai dari tekanan darah sistolik minimal 100-170 dan tekanan darah diastolik 70-100. Kadar hemoglobin 12,5 g/dl sampai 17 g/dl.

Selanjutnya, Arjuna mengaku, bahwa Bupati Karo merupakan pasien donor darah yang tercatat, selalu secara rutin dalam melakukan donor darah per enam bulan. Hal ini seusai data adminitrasi pada buku pasien donor darah.(Jai)

Berita Terkait