Jadikan Marquez Tumpuan, Honda Bikin Sengsara Pembalapnya Lainnya

OLAHRAGATim Balap Honda sejatinya menjadikan Marc Marquez sebagai tumpuan mereka untuk bisa meraih gelar juara.

Akan tetapi, kini mereka mengalami masalah karena Marquez menderita cedera sehingga tak bisa ikut serta dalam balapan. Sejak musim lalu, pembalap tim satelit Honda, Cal Crutchlow, sudah mengeluhkan bahwa dirinya tidak terlalu cocok dengan motor balap yang dibuat timnya.

Sebab, Honda mengembangkan motor balap yang hanya cocok untuk dikendarai Marquez. Honda melakukan hal itu karena mereka ingin memberikan dukungan maksimal kepada Marquez. Permasalahannya adalah ketika kini Marquez tak bisa ikut balapan, maka rider Honda lainnya taka da yang bisa diandalkan untuk mendulang banyak poin.

Dalam tiga seri pertama yang telah dilangsungkan dalam Kejuaraan Dunia Moto GP 2020, tercatat hanya ada satu pembalap Honda yang mampu finis dijajaran lima besar. Ia adalah Takaaki Nakagami dari tim satelit.

Akan tetapi, Nakagami hanya melakukannya sekali yakni pada seri kedua yang dilangsungkan di Sirkuit Jerez. Sedangkan pada seri ketiga di Sirkuit Brno, Republik Ceko, pembalap asal Jepang itu hanya bisa finis kedelapan.

Sementara itu, Crutchlow lebih parah. Pada balapan seri kedua dan ketiga ia hanya mampu finis di posisi ke-13. Crutchlow tidak memungkiri bahwa sampai sekarang ia masih kesulitan untuk bisa mengendarai motor balap Honda dengan maksimal.

“Penampilan saya sangat buruk (di Sirkuit Brno). Saya berada di posisi ke-19 dan kemudian saya mencoba mengejar ketinggalan di tikungan satu dan empat,” jelas Crutchlow.

“Ini cerita lama yang sama dengan Honda. Kami tidak bisa mengemudi dalam kerumunan. Begitu saya memiliki seseorang di depan saya, saya tidak bisa mengikuti ritme saya lagi,” lanjut pembalap berpaspor Inggris tersebut.

“Saya melihatnya bersama Taka (Nakagami), dia mengalami masalah yang persis sama ketika dia memiliki lawan di depannya. Ketika dia menemukan dirinya sebagai pemimpin dari kerumunan, dia mampu memberikan tekanan lagi. Itu adalah balapan yang sulit,” pungkas Crutchlow.

Balapan seri keempat akan dilangsungkan di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, pada Minggu (16/8/2020) mendatang. Dalam balapan tersebut, Marquez masih akan absen lantaran belum pulih dari cederanya. Hal ini pun telah dikonfirmasi oleh pihak Honda. (okz)