Ini Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

KESEHATANKebiasaan minum air hangat di pagi hari ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Selain berfungsi mengembalikan cairan tubuh, minum air hangat ternyata juga dapat melancarkan pencernaan dan menimbulkan perasaan rileks.

Adapun suhu air hangat yang sebaiknya diminum ialah antara 49-60 derajat celcius. Karena, jika suhu air terlalu panas, tentu bisa mengakibatkan luka pada mulut kita.

“Dokter merekomendasikan untuk minum air hangat di pagi hari, biasanya, dengan perasan lemon yang kaya polifenol, atau dengan teh yang terbukti mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh,” kata ahli gizi klinis, Stella Metsovas.

Mau tau apa saja manfaat meminum air hangat di pagi hari. Mari kita simak ulasan berikut ini.

Meredakan hidung tersumbat

Air hangat menghasilkan uap. Menghirup uap dari segelas air hangat akan membantu melonggarkan sinus yang tersumbat. Karena itu, minum air hangat bisa jadi pilihan yang baik bagi kita yang sedang flu ataupun pilek.

Melancarkan pencernaan

Minum air hangat dapat menenangkan dan melancarkan saluran pencernaan. Sebab, air yang diminum bisa berfungsi sebagai pelumas yang membuat proses pencernaan menjadi lancar.

Saat air mengalir melewati perut dan usus, organ pencernaan pun akan terhidrasi dengan baik. Selain itu, air hangat juga dapat membantu melarutkan makanan yang sulit dicerna oleh tubuh.

Menenangkan sistem saraf pusat

Minum air hangat ternyata juga dapat menenangkan sistem saraf pusat. Sehingga, kita akan merasa lebih rileks dan terhindar dari rasa stres.

Membantu mengatasi sembelit

Minum air hangat juga dapat membantu usus berkontraksi. Sehingga, berbagai macam sisa-sisa pencernaan yang terperangkap di dalam usus dapat keluar dengan lancar. Karenanya, kita sangat disarankan untuk minum air hangat agar terhindar dari risiko sembelit.

Melancarkan peredaran darah

Rutin air hangat juga dapat melancarkan peredaran darah. Jika aliran darah lancar, tentu kesehatan kita akan jadi lebih terjamin. Beberapa manfaat kesehatan dari aliran darah yang lancar, di antaranya tekanan darah jadi lebih terkontrol dan terhindar dari risiko penyakit kardiovaskular.

Mengeluarkan racun dalam tubuh

Saat air hangat, tubuh kita akan mengaktifkan sistem endokrin dan membuat badan menjadi berkeringat. Racun dalam tubuh kita pun akan keluar dari tubuh lewat keringat tersebut. (dtc)