oleh

Ini Dia 8 Kastil Terindah di Dunia

JELAJAHNEWS.ID, JAKARTA – Kastil atau puri adalah sebutan untuk bangunan tunggal atau kompleks bangunan megah yang dikelilingi benteng, perbukitan, atau setidaknya perairan sebagai lapisan pertahanan.

Kompleks bangunan seperti ini biasanya menjadi kediaman para penguasa ataupun kaum bangsawan. Namun tidak bisa disamakan dengan istana yang biasanya berada di tengah kota dan lebih mengutamakan keindahan arsitektur daripada keamanan.

Kastil, puri, atau apapun sebutannya, selalu menjadi objek wisata yang menarik. Bangunan megah berusia ratusan tahun dengan arsitektur indah seperti ini memang menyimpan sisi romantis tersendiri. Terutama jika dihubungkan dengan sejarah di baliknya. Bangsawan mana yang pernah tinggal di sana? Tragedi seperti apa yang pernah disaksikan dinding-dindingnya?

Bicara soal kastil, ada beberapa yang disebut sebagai kastil terindah di dunia. Beberapa di antaranya dilestarikan sebagai bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO. Bahkan, ada juga yang menjadi inspirasi untuk film-film animasi populer. Berikut ini kita ulas deretan kastel terindah di dunia yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Prague Castle – Ceko

Bangunan ini adalah kastil kuno dengan bangunan tunggal terbesar di dunia. Letaknya di tengah Praha, ibukota Republik Ceko. Kastel megah ini terdiri dari kompleks benteng, menara, gereja museum, dan galeri. Luas area bangunan mencapai 70.000 meter persegi, seukuran dengan 7 lapangan sepak bola.

Menurut artikel lansiran Touropia, Prague Castle didirikan pada abad 9. Bangunan kuno tersebut berdiri di sepanjang tepi Sungai Vltava. Kastel mengalami renovasi berkali-kali sampai pertengahan abad 18. Arsitekturnya merupakan perpaduan antara gaya Gotik, Romawi, Baroque, dan Renaisans. Pusatnya adalah Katedral St. Vitcus, gereja katedral paling penting di Republik Ceko.

Sejak 1791, Katedral St. Vitus yang menjadi bagian dari Prague Castle menyimpan Bohemian Crown Jewels. Permata pusa kerajaan ini meliputi pedang dan mahkota St. Wenceslas, bola dan tongkat kerajaan, jubah penobatan para raja Bohemia, serta salib relikui emas.

2. Neuschwanstein – Jerman

Neuschwanstein adalah sebuah kastil dengan arsitektur khas Bavaria pada abad 19. kastil ini terletak di puncak pegunungan, di dekat Hohenschwangau dan Fussen, Bayern. Neuschwanstein dibangun atas perintah Raja Ludwig II dari Bavaria.

Dianggap sebagai salah satu situs paling romantis di Jerman, kastil ini juga menjadi bangunan yang paling banyak difoto di Jerman. Walaupun begitu, pemotretan interior kastil tidak diperbolehkan oleh pihak pengelola.

Kastil yang jadi inspirasi utama Istana Raja Stefan, ayah Putri Aurora dalam dongeng Sleeping Beauty versi Disney ini dikelilingi oleh danau yang indah dan hutan lebat. Kastilnya sendiri berdiri menjulang di atas pegunungan dan memiliki menara besar yang terletak di titik tertinggi dari Pallat River Gorge. Ada juga sebuah ruangan unik yang bagian dalamnya memiliki dinding seperti gua.

3. Mont-Saint Michel – Prancis

Mont-Saint Michel merupakan daftar situs warisan dunia menurut UNESCO. Pada dasarnya, ini adalah sebuah pulau pasang berbatu di Normandi, sekitar pesisir utara Prancis. Pulaunya sendiri dikelilingi sungai Couesnon.

Mont-Saint Michel mendapatkan julukan Pulau Pasang, karena perairan di sekelilingnya selalu pasang dan surut. Pulau tersebut dikunjungi sekitar 3 juta wisatawan tiap tahunnya. Kastil megah yang menjulang di atasnya berperan sebagai daya tarik utama. Luasnya sekitar 960 meter. Sementara ketinggiannya mencapai 92 meter dari permukaan laut.

Kastil merupakan inspirasi utama istana kerajaan di animasi Disney, Rapunzel. Bangunan ini juga muncul di animasi Little Mermaid. Kastil yang menaungi Mont-Saint Michel dijadikan model untuk istana kediaman Pangeran Eric, pria yang dicintai Ariel si putri duyung.

4. Alcazar de Segovia – Spanyol

Alcazar de Segovia yang secara harfiah berarti Kastil Segovia adalah sebuah puri sekaligus benteng yang berada di atas Sungai Eresma dan Clamores, dekat pegunungan Guadarrama. Selain Neuschwanstein, kastel ini juga disebut sebagai salah satu model istana Cinderella di film animasi produksi Disney.

Menurut buku Castles of the World yang ditulis oleh Phyllis G. Jestice, Raja Alfonso VIII dari Castile memerintahkan konstruksi kastil pada abad 13. Para penguasa selanjutnya lantas menambahkan menara dan bagian-bagian lain untuk memperkuat pertahanan puri.

5. Kastel Trakai – Lithuania

Kastil unik yang dikelilingi danau ini berada di kawasan Trakai, Lithuania. Kastil dibangun di atas Danau Galve pada abad 14 atas permintaan Grand Duke Kestutis. Dibangun dari batu bata merah dengan gaya benteng Ordo Teutonik.

Sebuah jembatan kayu menghubungkan kastil ke daratan. Namun, di masa lalu kastil hanya bisa diakses dengan perahu. Kastil itu rusak parah akibat serangan Ksatria Teutonik pada tahun 1377, kemudian direnovasi.

Sekarang kastil Trakai tak lagi berfungsi sebagai benteng pertahanan. Bangunan ini menjadi salah satu daya tarik wisata utama di Trakai. Sementara pulaunya menjadi tempat bermukim berbagai etnis di Lithuania.

6. Kastil Bojnice – Slovakia

Bojnice pertama kali disebutkan dalam dokumen sejarah pada tahun 1013. Awalnya dibangun dari kayu, kemudian dibangun kembai di atas batu secara bertahap. Pada abad 16, kastel sudah berubah wajah menjadi istana Renaissans yang indah.

Restrukturisasi terakhir dilakukan atas perintah Pangeran Janos Ferenc Palffy antara tahun 1888 dan 1910. Sang pangeran sangat terkesan dengan istana Prancis di Lembah Loire, sehingga dia meminta agar kastil tersebut dibangun kembali dengan gaya yang sama.

Dulu berfungsi sebagai kediaman dan benteng, kini Bojnice dianggap sebagai objek wisata. Tempat ini menerima ribuan turis setiap tahun dan menjadi tuan rumah berbagai festival. Salah satunya adalah International Festival of Ghosts and Spirits.

7. Kastil Windsor – Inggris

Kerajaan Inggris punya banyak istana dan kastil yang masih berfungsi dengan baik hingga sekarang. Salah satunya adalah Kastil Windsor. Bangunan ini juga sekaligus berfungsi sebagai istana kerajaan. Kenyataannya, saat ini Kastil Windsor memang lebih berfungsi sebagai kediaman keluarga kerajaan, bukan lagi benteng pertahanan.

Kastil Windsor dibangun pada abad 11 di pinggiran Sungai Thames. Tujuan pembangunannya adalah sebagai benteng pertahanan terhadap serangan Normandy. Setelah upaya restorasi oleh Charles II pada tahun 1660, Kastil Windsor dialihfungsikan sebagai kediaman keluarga kerajaan. Saat ini, sebagian dari kastel dibuka untuk umum.

8. Kastil Osaka – Jepang

Ini adalah kastil bergaya Jepang yang berada di Chuo-ku, Osaka. Kompleks puri dan benteng ini merupakan salah satu tempat paling terkenal dan memiliki nilai sejarah paling tinggi di Jepang. Kastil dibangun atas perintah Hideyoshi Toyotomi, tokoh yang disebut sebagai salah satu pemersatu Jepang. Kemudian dihancurkan dan didirikan kembali oleh Tokugawa.

Bangunan kastil terdiri dari delapan lantai dan dibangun di atas fondasi batu yang tinggi untuk pertahanan. Area kastil mencakup wilayah seluas 61.000 meter persegi. Selain kastil, area tersebut ditempati tiga belas struktur yang kini dilindungi negara. Antara lain gerbang-gerbang kuno, kubah, tembok, dan sumur tua. (mdc)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •