Ini Deretan Fakta Unik Dalam MotoGP Styria 2020

OLAHRAGAPasca MotoGP Styria 2020 tuntas digelar, terdapat deretan fakta unik seperti kemenangan perdana pembalap asal Portugal.

Kemenangan Miguel Oliveira pun menjadi penanda kejayaan Portugal di lintasan MotoGP. Pasalnya, Oliveira merupakan pembalap asal Portugal pertama yang menjadi juara dalam sebuah seri MotoGP. Selain itu, terdapat pula beberapa fakta-fakta menarik lain, baik yang terkait Oliveira maupun yang melibatkan pembalap serta tim di MotoGP 2020. Penasaran hal unik apa saja yang terjadi di MotoGP Styria 2020, mari kita ulas berikut ini:

1. Kemenangan Oliveira menjadikan Portugal sebagai negara ke-20 yang menjadi penyumbang juara di kelas utama balap motor.

2. Oliveira merupakan juara baru di Moto GP. Pada Moto GP 2020, ada tiga pembalap yang menjadi juara baru. Sebelum Oliveira, terdapat Fabio Quartararo yang berjaya di Moto GP Spanyol, dan Moto GP Andalusia, serta Brad Binder yang finis pertama di Moto GP Ceko.

3. Honda masih gagal meraih podium setelah lima balapan berlangsung. Ini terjadi pertama kali sejak 1982. Ketiadaan Marc Marquez menghambat laju performa Honda di Moto GP. Pembalap-pembalap Honda lain, seperti Takaaki Nakagami, Alex Marquez, Cal Crutchlow, dan Stefan Bradl gagal menembus jajaran tiga besar.

4. Untuk kali pertama sejak 2016 Ducati kalah di Sirkuit Red Bull Ring. Sejak Moto GP Austria kembali masuk dalam kalender Moto GP pada 2016 dan bertempat di Sirkuit Red Bull Ring, tercatat pembalap-pembalap Ducati selalu tampil sebagai juara. Andrea Iannone meraih kemenangan Moto GP Austria 2016, kemudian dilanjutkan Andrea Dovizioso pada 2017, dan Jorge Lorenzo pada 2018. Dalam dua penyelenggaraan Moto GP berikutnya, Dovizioso kembali tampil sebagai juara di Sirkuit Red Bull Ring. Namun kali ini dalam tajuk Moto GP Styria, pembalap Ducati harus menyerahkan tempat kepada Oliveira yang menunggangi KTM.

5. Valentino Rossi kembali terbukti tak mampu memenangkan balapan kelipatan 100. Dalam Moto GP Styria yang merupakan balapan kelas premier yang ke-900, Rossi hanya finis di peringkat kesembilan. Tampil dominan sejak era 2000-an, Rossi selalu gagal menjadi juara pada balapan kelipatan 100 di kelas premier. Pada balapan ke-600, Rossi kalah dari Sete Gibernau. Sementara pada balapan kelas premier ke-700 dan ke-800 direbut Jorge Lorenzo. (cni)